UNTUK INDONESIA
Bupati Tak Menyangka Foto Sajikan Pembangunan Karimun
Bupati tak menyangka foto sajikan pembangunan Karimun. "Ada sebuah makna di balik foto-foto ini," kata Aunur Rafiq di sela-sela pameran foto.
Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi panitia lomba Riadi menyerahkan hadiah kepada juara I lomba foto yang digelar Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kepri, Sabtu (9/12) di Coastal Area Tanjung Balai Karimun. (Foto: Ant/Nursali)

Karimun, Kepri, (Tagar 10/12/2017) – Hasil karya peserta lomba foto yang digelar Pewarta Foto Indonesia (PFI) bertajuk "Pesona Alam dan Budaya Karimun" mendapat pujian dari Bupati Karimun, Kepulauan Riau, Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq mengaku tidak menyangka bila pembangunan dan budaya di Karimun disajikan secara singkat dalam sebuah foto.

"Ada sebuah makna di balik foto-foto ini," kata dia di sela-sela pameran foto di Tanjung Balai Karimun, Sabtu (9/12).

Rafiq mengatakan, foto-foto karya para peserta lomba akan dicetak dalam ukuran besar, dan dipamerkan dalam waktu tertentu.

"Dan akan kita pajang di tempat-tempat tertentu di Karimun. Tujuannya ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa ini pembangunan di Karimun dan untuk membangkitkan gairah fotografer lokal," kata Rafiq.

Untuk menghargai karya para fotografer tersebut, kata Rafiq, pemerintah daerah memberikan hadiah kepada para pewarta foto.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun meminta karya mereka untuk dimiliki oleh pemerintah setempat.

"Namun tetap kita cantumkan namanya dalam foto tersebut untuk dipajangkan di kantor-kantor pemerintahan dan di tempat-tempat lainnya," ujarnya.

Riadi, ketua panitia perlombaan mengatakan, antusias masyarakat mengikuti lomba itu tinggi, bahkan fotografer asal Kabupaten Kepulauan Anambas ikut dalam ajang tingkat provinsi ini.

"Dari Anambas juga turun ke Karimun untuk mengambil momen pembangunan Kabupaten Karimun," ujarnya.

Menurut Riadi, terdapat banyak lokasi yang dapat dijadikan objek foto yang bernilai tinggi di Karimun, dari sisi panorama alam, pembangunan, budaya, kesenian, dan sebagainya.

"Kita ingin memperkenalkan pesona alam Karimun ini melalui karya foto kepada dunia, kita ingin memperkenalkan wisata Karimun kepada dunia melalui foto-foto ini," imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Pewarta Foto Indonesia Provinsi Kepri, Tommy Purniawan.

Ia mengaku kagum dengan seluruh foto tersebut, dirinya tidak menyangka bahwa potret itu diambil di Kabupaten Karimun.

"Saya kaget juga kok ada spot-spot seperti ini ada di Karimun," ucapnya.

Karenanya, dia berharap kegiatan itu mampu merangsang minat fotografer Kabupaten Karimun untuk mengabadikan setiap momen pembangunan dan momen menarik lainnya.

"Tinggal diasah saja. Selanjutnya foto-foto tersebut pun dapat dijual di luar-luar sana," tambahnya.

Dalam lomba itu, Juara I diraih Heppi Wasyeri dengan foto berjudul "Burung Merpati Coastal Area", juara II Andi Suryanto dengan foto berjudul "Pesona Perpaduan Indahnya Pantai Pongkar dan Gerak Silat", kemudian juara III Eka Perdana Putra dengan judul foto "Berbagi".

Pemenang mendapat hadiah uang tunai, piagam penghargaan dan cinderamata dari panitia penyelenggara, dan hadiah yang diberikan secara pribadi oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq. (ant/yps)

Berita terkait
0
Film Gundala Tayang di Bioskop Amerika Serikat
Film Gundala superhero Indonesia ini akan diputar di Amerika Utara (AS) di bawah naungan Well Go USA Entertainment.