UNTUK INDONESIA

Wisatawan Pulau Karimunjawa Wajib Rapid Test Antigen

Para wisatawan yang berlibur ke Pulau Karimunjawa diwajibkan untuk melakukan rapid test antigen
Pulau Karimun Jawa, Kecamatan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Tagar/Instagram/Karimuntravel.co)

Jakarta - Para wisatawan yang berlibur ke Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, diwajibkan untuk melakukan rapid test antigen terlebih dahulu.

Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Suroto menyampaikan kepada seluruh pengunjung yang ingin berkunjung ke Pulau Karimunjawa diwajibkan untuk melakukan rapid test antigen terlebih dahulu untuk memastikan kondisinya sehat dan bebas dari Covid-19.

“Jika sebelumnya hanya rapid test biasa, maka saat ini wajib dengan rapid test antigen yang hasilnya dinilai lebih akurat untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit,” ujarnya pada Jumat, 25 Desember 2020.

Maka saat ini wajib dengan rapid test antigen yang hasilnya dinilai lebih akurat untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit.

Baca juga: Kemenko Marves Buka kembali Pariwisata Karimunjawa

Kewajiban tes cepat antigen berbayar hanya berlaku bagi wisatawan, sedangkan warga asli Karimunjawa juga dapat mengikuti tes cepat antigen tersebut dengan gratis atau tidak dikenakan biaya.

Kemungkinan saat libur panjang seperti libur Natal dan tahun baru ini, akan banyak banyak wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu, kebijakan ini ditetapkan guna mencegah penyebaran Covid-19, maka para wisatawan yang ingin berkunjung ke Karimunjawa wajib membawa surat bebas dari virus Covid-19.

Sebelumnya, tempat wisata Pulau Karimunjawa telah ditutup pada 17 Maret 2020 guna mencegah penularan Covid-19. Namun, setelah adanya kebijakan protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh masyarakat, Karimunjawa kembali dibuka untuk para pengunjung pada 16 Oktober 2020.

Dibukanya kembali tempat wisata tersebut karena warga setempat telah menyiapkan dan telah melakukan simulasi awal dan memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya mencegah penularan Covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Baca juga: Ratusan Wisatawan Mulai Kunjungi Karimunjawa Jepara

Merskipun para wisatawan telah membawa surat bebas dari virus Covid-19, para wisatawan juga harus tetap mematuhi protkol kesehatan yang berlaku selama berada di kawasan Pulau Karimunjawa. Seperti menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak untuk menghindari terpapar Covid-19. [] (Amira Salsabila Aprilia)

Berita terkait
Wisata Karimunjawa Jepara Siap Sambut New Normal
Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap pariwisata Karimunjawa bisa dibuka. Karimunjawa satu-satunya wilayah di Jepara yang zona hijau covid.
Kabar Gembira, Wisata Karimunjawa Jepara Dibuka 16 Oktober
Wisata Karimunjawa mulai dibuka untuk umum Jumat, 16 Oktober 2020. Pengetatan SOP pariwisata dilakukan, seperti 100 wisatawan per pekan.
GAMKI Minta Penyelesaian Konflik Gereja di Karimun Jadi Acuan
GAMKI mengapresiasi pendekatan dialog yang dilakukan dalam menyelesaikan persoalan pembangunan rumah ibadah di Kabupaten Karimun.
0
Wisatawan Pulau Karimunjawa Wajib Rapid Test Antigen
Para wisatawan yang berlibur ke Pulau Karimunjawa diwajibkan untuk melakukan rapid test antigen