Buku Saku Halal Segera Diluncurkan untuk Literasi Masyarakat

Upaya penanaman literasi perlu dilakukan secara serius bahkan sedini mungkin sebagai modal dasar untuk membangun ekosistem halal Indonesia
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) akan meluncurkan Buku Saku Halal sebagai upaya literasi masyarakat tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH Kemenag A. Umar mengatakan, Buku Saku Halal disusun hasil kerja sama BPJPH Kemenag dengan Pusat Pengkajian Masyarakat dan Pendidikan Islam Nusantara (PPM-PIN) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.

"Buku saku ini membahas sejumlah topik penting tentang halal dan Jaminan Produk Halal. Harapannya, buku ini dapat meningkatkan khasanah literasi halal kita, sebagai upaya kita bersama untuk terus mendorong dan menyukseskan penyelenggaraan JPH di Indonesia," kata A. Umar di situs resmi Kemenag.go.id, Selasa, 7 September 2021.

Peningkatan penguasaan literasi halal di masyarakat, menurut Umar, merupakan salah satu indikator penting dalam mewujudkan suksesnya penyelenggaraan JPH di Indonesia. Terlebih lagi cita-cita untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia telah menjadi komitmen bersama.


Buku saku ini membahas sejumlah topik yang sangat menarik. Mulai dari konsep halal dalam Islam dan sains, urgensi mengonsumsi produk halal.


Oleh karena itu, upaya penanaman literasi perlu dilakukan secara serius bahkan sedini mungkin sebagai modal dasar untuk membangun ekosistem halal Indonesia yang kuat dan unggul di masa mendatang.

"Buku saku ini membahas sejumlah topik yang sangat menarik. Mulai dari konsep halal dalam Islam dan sains, urgensi mengonsumsi produk halal, regulasi tentang sertifikasi halal, dukungan pemerintah terhadap sertifikasi halal, halal sebagai global lifestyle, hingga bagaimana tata cara mendeteksi atau memastikan produk halal," ujarnya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Festival di Kirgistan Rayakan Keragaman Budaya Para Imigran
Festival Persahabatan Internasional digelar di kota Bishkek, Kirgistan untuk menyatukan semua kelompok etnis yang ada
Aktor Harrison Ford Bicara di KTT Global Keanekaragaman Hayati
Aktor dan aktivis lingkungan, Harrison Ford, secara berapi-api memohon agar kita melindungi keanekaragaman hayati
Buku Pelajaran Agama Hindu Ditargetkan Terdistribusi di 2022
Keaktifan setiap pihak diperlukan, untuk memastikan para guru dan siswa mendapatkan buku teks pelajaran
0
Buku Saku Halal Segera Diluncurkan untuk Literasi Masyarakat
Upaya penanaman literasi perlu dilakukan secara serius bahkan sedini mungkin sebagai modal dasar untuk membangun ekosistem halal Indonesia