Jakarta - Budiman Sudjatmiko disebut-sebut berpeluang untuk lolos dari Dapil VII Jawa Timur. Politikus PDI Perjuangan itu bersaing ketat merebut satu kursi dari delapan kursi untuk perwakilan dari Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi tersebut.

"Sangat berpeluang besar masuk (parlemen)," ungkap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin, kepada Tagar News, Kamis 25 April 2019.

Sejumlah faktor mempengaruhi popularitas Budiman untuk dipilih oleh masyarakat di Dapil VII Jatim, diantaranya modal jabatan, jaringan, tim, finansial. Jadi, Anggota Komisi II DPR ini punya peluang untuk kembali duduk di kursi wakil rakyat.

Baca juga: 9 Partai Pemilu 2019 Lolos Ambang Batas 4 Persen

"Karena memiliki modal jabatan, jaringan, tim, finansial, dan lain-lain," bebernya.

Bagaimana dengan peta persaingan di Dapil VII Jatim sebelum 17 April 2019?

Budiman bersaing dengan rekannya di PDI Perjuangan Johan Budi Suprapto yang memang pendatang baru di PDI Perjuangan sekaligus pendatang baru di dunia politik. Apalagi, karir Johan Budi sebelumnya tidak bisa diremehkan.

Johan Budi tercatat pernah menjadi Juru Bicara KPK selama delapan tahun, kemudian Deputi Pencegahan KPK, Pelaksana tugas pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sampai ditunjuk menjadi Juru Bicara Istana Kepresidenan.

Budiman pun mesti bersaing dengan putra kedua Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas di Dapil VII Jatim. Ibas tentunya menjadi lawan kuat Budiman disana, sebab pada Pemilu 2014, Ibas berhasil lolos ke Senayan dengan 243.747 suara.

Baca juga: Adian Napitupulu, Peta Persaingan di Dapil Neraka

Selain Ibas, ada pula Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Imelda Sari. Anggota Direktorat Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) ini ditempatkan di urutan tiga, berada dua nomor di bawah Ibas.

Putri dari Ketua Umum Perindo Hari Tanoesoedibjo, Jessica Herliani Tanoesoedibjo pun menjadi salah satu pesaing Budiman Sudjatmiko. Jessica memang belum punya pengalaman politik, tapi menurut pengakuan ayahnya, ia sudah berpengalaman di bidang kegiatan sosial, terutama di MNC Grup yang menjadi modal Jessica meraih simpati warga Jatim.

Selain Budiman Sudjatmiko, siapakah lagikah yang punya peluang  duduk di kursi parlemen dari Dapil Jawa Timur VII? []