Budi Gunadi Sadikin: Indonesia Vaksinasi 16 Juta per Bulan

Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia dapat melakukan vaksinasi Covid-19 untuk 16 juta rakyat Indonesia per bulan.
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Tagar/Twitter/@KemenkesRI)

Jakarta - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia dapat melakukan vaksinasi Covid-19 untuk 16 juta rakyat Indonesia per bulan.

Ia mengatakan dirinya memiliki data 11 ribu rumah sakit di Indonesia baik swasta ataupun milik pemerintah.

“Aku sudah kontak seluruh RS lewat asosiasi RS Swasta dan Islam, dan RS BUMN. Kami sudah cek, ada 11 ribu yang siap, itu kapasitasnya 16 juta suntikan per bulan,” ujarnya pada awal Desember lalu dan masih menjabat sebagai wakil menteri BUMN, saat melakukan diskusi virtual pada Jumat, 18 Desember 2020. .

Aku sudah kontak seluruh RS lewat asosiasi RS Swasta dan Islam, dan RS BUMN. Kami sudah cek, ada 11 ribu yang siap, itu kapasitasnya 16 juta suntikan per bulan.

Baca juga: Harta Kekayaan Menkes Budi Gunadi Sadikin Capai Rp 161,7 Miliar

Menteri Kesehatan yang baru saja dilantik tersebut telah melakukan verifikasi ke UNICEF yang selama ini aktif dalam memberikan vaksin kepada masyarakat. Setelah disamakan, ia mengonfirmasi bahwa data tersebut dinyatakan valid.

Sejauh ini, pemerintah telah memesan 155,5 juta dosis vaksin. Vaksin tersebut terdiri dari 125,5 juta dosis vaksin Sinovac dan 30 juta dosis vaksin Novavax. Selain itu, Pemerintah juga berpotensi mendapatkan 116 juta dosis vaksin. Terdiri dari vaksin Pfizer dengan jumlah sebanyak 50 juta dosis, AstraZeneca sebanyak 50 juta dosis, dan Covax atau Gavi sebanyak 16 juta dosis.

Budi baru saja resmi dilantik sebagai Menteri Kesehatan oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan posisi Terawan Agus Putranto. Budi diharapkan dapat mengatasi pandemi Covid-19 yang tidak lekas membaik ini.

Baca juga: Menunggu Gebrakan Menkes Budi Gunadi Sadikin

Usai melakukan pelantikan, Budi mengatakan mendapat tugas dari Presiden untuk mengatasi berbagai masalah pandemi Covid-19.

“ Mengenai tugas-tugas yang diberikan Pak Presiden, agar difokuskan untuk segera menangani masalah covid-19 ini dengan secepat-cepatnya dan sebaik-baiknya agar semua bisa segera kembali. Agar keluarga kita bisa kembali bersilaturahmi, dan agar seluruh rakyat Indonesia bisa hidup normal kembali,” ujarnya. [] (Amira Salsabila Aprilia)

Berita terkait
Manfaat Menggunakan Tangga Bagi Kesehatan
Menaiki tangga dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar, termasuk pengurangan stres dan kemungkinan mengobati insomnia.
Tips Jaga Kesehatan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2021
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah tips untuk tetap sehat tanpa melewatkan keseruan masa liburan Natal dan Tahun Baru 2021.
Kemenperin Kembangkan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan
Industri Farmasi serta alat kesehatan adalah salah satu sektor yang mampu mencatat kinerja gemilang di tengah pandemi Covid.
0
27 Juta Suntikan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia
Vaksinasi yang dilakukan pemerintah hingga Senin, 31 Mei 2021, akan mencapai angka 27 juta suntikan vaksinasi