Buat Pria, Ini Tips Merawat Diri Agar Ganteng Maksimal

Pria wajib merawat agar bisa tampil lebih percaya diri. Salah satu tipsnya adalh dengan memilih parfum yang khas dan aromanya sesuai.
Pria Menyemprotkan Parfum. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Pria memang tidak suka berlama-lama memperhatikan penampilan sebagaimana perempuan. Namun, menghias diri atau mewarat diri juga wajib dilakukan pria agar setidaknya bisa membuat nyaman saat bersosialisasi. Dengan begitu, kepercayaan diri akan tumbuh.

Aktivitas padat dan berat bukan lagi halangan untuk pria dalam meluangkan waktu merawat diri. Simak langsung, yuk, kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa buat kamu makin ganteng. Tidak memakan waktu kok!


Mencari Aroma yang Tepat

Ketika dihadapkan dengan deretan pilihan wewangian yang tidak pernah berakhir, para pria biasanya suka asal memilih. Mulailah menyortir wangi parfum yang cocok dengan pribadi kamu. Banyak orang yang tidak sengaja mencium aroma tubuh ketika kamu lewat. Ciri khas wangi parfum kamu juga akan memberikan kesan tersendiri. Karena itu jangan sampai salah pilih parfum ya!

Wewangian pria dibagi menjadi beberapa bahan utama seperti jeruk, aroma kayu, atau manis. Jika kamu punya waktu, cobalah semuanya atau catat serta sisakan aroma yang sudah kamu miliki dan sukai. Mulailah dengan oud jika kamu menyukai hal-hal musky, neroli jika kamu menginginkan sesuatu yang segar.

Apa pun selera kamu, pasti terbentuk sebuah pola, dan kamu dapat menggunakan ini sebagai panduan untuk berbelanja yang sesuai di kemudian hari.


Memakai Sunblock

Sudah banyak yang tahu bahwa sinar UV matahari adalah musuh terburuk kulit. Bahkan sinarnya dapat membuat kulitmu mengarah ke penuaan dini dan rusaknya DNA. Karena itu, pria yang ingin terlihat sehat selama mungkin selalu ingat untuk melindungi diri setiap hari dengan menggunakan tabir surya.

Kamu harus menggunakan tabir surya yang dikombinasikan dengan antioksidan kuat. Antioksidan yang paling penting termasuk vitamin C, vitamin E dan Coenzyme Q10.

Minimal, pelembap harian kamu harus diperkuat oleh SPF 15, yang cukup untuk mencegah paparan sinar UV. Ketika matahari lebih kuat seperti di musim panas, atau saat liburan, pilih setidaknya SPF 30. Perlindungan UVA dan UVB sangatlah penting, jadi selalu pastikan Anda mendapatkan keduanya.


Membersihkan Gigi secara Rutin

Menurut sebuah survei oleh British Dental Health Foundation, lebih dari 10 persen pria lebih suka membersihkan toilet daripada membersihkan gigi mereka setiap hari. Fakta yang mengagetkan ialah jika kamu mengalami sakit di bagian gusi, bisa-bisa memicu penyakit jantung hingga disfungsi ereksi. Karena itu menyikat gigi dua kali dalam sehari sangatlah penting. Tidak hanya menyikat gigi, kamu juga harus membersihkan sela-sela gigi kamu.

Selain sikat gigi, kamu bisa menambahkan benang-benang pembersih gigi dan obat kumur demi hasil yang sempurna. Tidak hanya sehat, senyum kamu pasti semakin enak dilihat ketika rutin membersihkan gigi.


Mencuci Wajah dengan Scrub Sebelum Mencukur

Jika kamu ingin mencukur lebih baik, biasakan menggunakan air panas dan scrub wajah sebelum mencukur. Hal ini membuat kulit seakan siap dengan gesekan pisau cukur. Mencuci wajah dengan scrub juga mencegah iritasi saat kamu bercukur.


Exfoliating atau scrubbing adalah pengamplasan kulit wajah, jadi perhatikan jenis kulit kamu sebelum membeli. Jika kamu pemilik kulit sensitif, pilih formula lembut yang dirancang khusus untuk kulit sensitif.

Gunakan Pelembap

Banyak produk perawatan menjanjikan untuk memberikan kamu kulit yang sehat bersinar atau mencerahkan kulit. Tetapi itu semua tidak penting, yang penting adalah kulit kamu lembap dan sehat.

Kulit yang sehat bergantung pada tingkat hidrasi yang baik pada kulit. Tidak hanya air yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, tetapi enzim yang membantu menggeser sel-sel mati dapat menyumbat pori-pori juga membutuhkan air untuk bekerja secara efektif. Itu sebabnya kulit yang mengalami dehidrasi bisa terlihat berkerut dan kusam.

Kebiasaan minum dua liter air sehari akan menjaga kadar air kulit. Untuk mengunci kelembapan itu, gunakanlah pelembap yang mengandung humektan (bahan seperti gliserin dan asam hialuronat yang membantu mengikat air ke kulit) untuk rutinitas kamu yang padat.


Perlakukan Rambut dan Kulit Kepala dengan Hormat

Jangan pernah mengabaikan rambut yang rontok dan berketombe. Bisa-bisa kamu menyesal saat kepala kamu mulai botak. Keramas bukanlah sesuatu yang harus kamu lakukan secara buru-buru. Gerakan melingkar yang lembut sama efektifnya dengan scrub wajah. Jika terlalu cepat menggosok kepala dengan sampo, gesekannya bisa menyebabkan kerusakan pada folikel rambut.

Jika folikel rusak, rambut baru tidak akan tumbuh dan kamu bisa jadi botak dalam waktu dekat. Pria juga harus membiasakan menepuk-nepuk rambut mereka dengan handuk, tetapi ingat ya untuk tidak terlalu kencang menggosoknya untuk menghindari kerontokan.

Tidak menyita waktu bukan untuk melakukan perawatan tubuh di rumah? Selain sehat, penampilan kamu juga jadi lebih maksimal. []


Baca juga


Berita terkait
Tips Mahir Bahasa Inggris dengan Cara Mudah dan Menyenangkan
Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional wajib untuk dipelajari. Salah satu mempelajari bahasa Inggris adalah dengan menonton video YouTube.
Tips-tips Isoman Pasien Covid-19 dari Dokter Tirta
Pasien corona tanpa gejala cukup makan makanan yang mengandung protein, untuk mengganti sel tubuh yang rusak usai terpapar Covid-19.
Tips Melatih Nada Tinggi dari Guru Vokal Artis Indra Aziz
Nada tinggi menarik perhatian, sehingga banyak orang ingin bisa menyanyi nada tinggi. Salah satu tipsnya adalah menantang nyanyi nada tinggi.
0
Lionel Messi Kian Bersinar Setelah Argentina Tumbangkan Brasil
Laga final Copa America 2021 antara Argentina dan Brasil menghasilkan juara baru yaitu Argentina yang mengalahkan Brasil 1-0