UNTUK INDONESIA

Brasil Sempurna, Kalahkan Uruguay Tanpa Suarez

Brasil mengalahkan Uruguay dalam big match kualifikasi Piala Dunia 2022. Di laga itu, Uruguay kehilangan Luis Suarez dan Brasil tanpa Neymar.
Brasil meraih 3 poin setelah mengalahkan Uruguay 2-0 di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Estadio Centenario, Montevideo, Rabu, 18 November 2020 pagi WIB. Tampak pemain Brasil Renan Lodi (tengah) dibayangi striker Uruguay Edinson Cavani. (Foto: Tagar/Twitter/FIFAWorldCup)

Jakarta - Brasil meraih poin sempurna setelah mengalahkan Uruguay 2-0 dalam big match kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Estadio Centenario, Montevideo, Uruguay, Rabu, 18 November 2020 pagi WIB. Di laga itu, Uruguay kehilangan striker Luis Suarez dan Brasil tanpa Neymar. 

Brasil selalu meraih kemenangan dari 4 laga kualifikasi zona Amerika Selatan. Hasil itu mengukuhkan posisi Brasil di puncak klasemen dengan poin 12. Unggul 2 poin dari Argentina yang menang 2-0 atas Peru. 

Sementara, Uruguay tertahan di peringkat 5 dengan poin 6. Sama dengan Paraguay, namun mereka kalah selisih gol. 

Dalam duel itu, ke-2 tim tidak bisa menurunkan seluruh pemain terbaik. Brasil kehilangan Neymar. Tanpa bintang Paris Saint-Germain ini, pelatih Tite mengandalkan trio yang bermain di Liga Premier Inggris, Gabriel Jesus (Manchester City), Richarlison (Everton) dan pemain depan Liverpool, Roberto Firmino. 

Uruguay sendiri berharap kepada striker Edinson Cavani setelah kehilangan Luis Suarez. Mantan penyerang Barcelona yang kini membela Atletico Madrid ini terpapar Covid-19 sehingga harus menjalani karantina. 

Uruguay Sempat Repotkan Brasil

Meski tanpa Suarez, menurut laman France24, Uruguay sempat merepotkan Brasil di menit-menit awal. Peluang diperoleh Darwin Nunez yang berhasil melakukan penetrasi ke kotak penalti. Namun sepakannya masih membentur tiang gawang Brasil. 

Setelah serangan itu, Brasil tak lagi mendapat ancaman dari Uruguay. Thiago Silva dkk secara perlahan mulai menguasai permainan.

Upaya mereka pun membuahkan hasil saat gelandang Arthur Melo membobol gawang Uruguay di menit 34. Gol berawal dari upaya Gabriel Jesus yang memberikan bola kepada Arthur. Gelandang Juventus itu kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang mengoyak gawang Uruguay. 

Unggul 1-0 menjadikan Selecao kian agresif menekan tuan rumah. Mereka tak butuh waktu lama menambah gol. Kali ini sundulan Richarlison yang meneruskan umpan silang Renan Lodi menjadikan Brasil unggul 2-0. Gol tercipta di menit 45 sekaligus menutup babak pertama. 

Di babak ke-2, Uruguay mulai bermain agresif. Mereka mengancam pertahanan Brasil meski serangannya tak memberikan hasil. 

Bahkan Uruguay semakin sulit mengejar ketertinggalan karena mereka harus bermain dengan 10 orang. Gara-garanya, Cavani mendapat kartu merah setelah melakukan tekel berbahaya kepada Richarlison di menit 71. 

Baca juga:

Foto: Neymar Main, Brasil Ditahan Imbang Senegal 1-1

Setelah 12 Tahun, Brasil Juara Copa America

Hanya keunggulan jumlah pemain tak bisa dimanfaatkan Brasil. Bahkan gawang Ederson sempat kebobolan setelah terjadi kemelut di menit 76. 

Beruntung, gol itu dianulir setelah pemain Uruguay Martin Caceres lebih dulu dalam posisi offside. Skor tak berubah dan Brasil menang 2-0. []

Berita terkait
Peru Vs Brasil, Trigol Neymar Lampaui Rekor Ronaldo
Neymar mencetak trigol alias hat-trick membawa Brasil menang 4-2 atas Peru di kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia melampaui rekor gol Ronaldo.
Tak Cetak Gol Lawan Bolivia, Pelatih Brasil Puji Neymar
Bintang Brasil Neymar gagal mencetak gol saat menang telak atas Bolivia di kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun dia dipuji pelatih Tite.
Brasil Vs Bolivia, Tanpa Neymar di Laga Perdana Menuju Qatar
Bintang Brasil Neymar absen di laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2022. Neymar tidak bisa tampil melawan Bolivia karena cedera punggung.
0
Brasil Sempurna, Kalahkan Uruguay Tanpa Suarez
Brasil mengalahkan Uruguay dalam big match kualifikasi Piala Dunia 2022. Di laga itu, Uruguay kehilangan Luis Suarez dan Brasil tanpa Neymar.