Peru Vs Brasil, Trigol Neymar Lampaui Rekor Ronaldo

Neymar mencetak trigol alias hat-trick membawa Brasil menang 4-2 atas Peru di kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia melampaui rekor gol Ronaldo.
Pemain depan Brasil Neymar (kanan) mencetak hat-trick) saat membawa tim mengalahkan Peru 4-2 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Stadion Nacional, Lima, Peru, Rabu, 14 Oktober 2020 pagi WIB. (Foto: Tagar/Twitter/FIFAWorldCup)

Jakarta - Neymar mencetak trigol alias hat-trick membawa Brasil menang 4-2 atas Peru di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di Stadion Nacional, Lima, Peru, Rabu, 14 Oktober 2020 pagi WIB. Dirinya pun melewati rekor gol legenda Brasil, Ronaldo. 

Legenda Pele masih menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah tim nasional Brasil. Pele yang bermain 92 kali dan membawa Brasil menjadi juara dunia 3 kali ini tercatat mengemas 77 gol.

Posisi ke-2 sebelumnya ditempati Ronaldo yang mencetak 62 gol selama 98 kali membela Selecao. Dalam kariernya selama 17 tahun, eks penyerang Barcelona dan Real Madrid ini membawa Brasil memenangi Piala Dunia 2 kali, Copa America 2 kali dan sekali Piala Konfederasi. 

Dia pemain penting Brasil. Kami berharap dia mencapai yang terbaik dan membawa Brasil memenangi Piala Dunia. Dia adalah superstar

Sementara, Neymar sudah mencetak 64 gol. Dirinya juga berpeluang mengejar rekor Pele untuk menjadi top skor sepanjang masa Brasil. Namun pemain berusia 28 ini memang belum memberi trofi di turnamen besar. 

Dia hanya membawa Canarinha sekali menjadi juara Piala Konfederasi 2013. Bintang Paris Saint-Germain ini belum bisa mengantarkan Brasil memenangi Piala Dunia. Saat menjadi juara Copa America 2019, Neymar absen karena cedera.   

Meski demikian, Neymar tetap merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Brasil. Mantan kiper timnas Taffarel yakin Neymar bakal membawa Brasil memenangi Piala Dunia untuk kali ke-6.

"[Neymar] merupakan pemain besar," kata Taffarel seperti dikatakan di laman FIFA. "Dia menampilkan permainan yang indah. Kemampuan menggiring bola sungguh luar biasa. Dia tidak hanya mencetak gol yang fantastis tetapi juga menciptakan peluang," ujarnya. 

"Dia pemain penting Brasil. Kami berharap dia mencapai yang terbaik dan membawa Brasil memenangi Piala Dunia. Dia adalah superstar," kata Taffarel 

Brasil Kecolongan Gol

Di pertandingan itu, gol pertama Neymar yang menyamakan kedudukan setelah Brasil kecolongan lewat Andre Carrillo. Dia mencetak gol lewat tendangan voli saat laga baru berjalan 6 menit. 

Namun keunggulan Peru tak bertahan lama. Neymar menyamakan kedudukan dari eksekusi penalti pada menit 28. Penalti diberikan setelah dia dilanggar pemain lawan di kotak terlarang.

Peru kembali unggul 2-1 saat pertandingan memasuki babak ke-2. Kali ini sepakan Renato Tapia sempat mengenai Rodrigo Caio sebelum bergulir ke gawang sendiri. Gol itu tercipta di menit 59. 

Dalam posisi tertinggal, Brasil justru bermain agresif. Mereka juga tak butuh waktu lama menyamakan skor menjadi 2-2 lewat Richarlison yang menyelesaikan Roberto Firmino di menit 64.

Brasil kemudian tak terbendung. Neymar kemudian membawa Brasil berbalik unggul setelah mencetak gol dari titik penalti ke-2 di laga itu. Gol dia tercipta di menit 83.

Baca juga: 

Roberto Rivellino, Raja Parque Legenda Bola Brasil

Foto: Neymar Main, Brasil Ditahan Imbang Senegal 1-1

Peru kemudian bermain dengan 10 orang setelah Carlos Zambrano mendapat kartu merah. Tak lama kemudian, Brasil memantapkan keunggulan. Neymar mencetak gol ke-3 pada injury time yang mengubah skor menjadi 4-2. Skor itu tak berubah sampai akhir laga. 

Kemenangan atas Peru menjadikan Brasil sukses mengudeta Argentina. Kini Brasil bertengger di puncak klasemen dengan poin 6. Sama dengan Argentina, namun Brasil unggul selisih gol. []

Berita terkait
Tak Cetak Gol Lawan Bolivia, Pelatih Brasil Puji Neymar
Bintang Brasil Neymar gagal mencetak gol saat menang telak atas Bolivia di kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun dia dipuji pelatih Tite.
Brasil Vs Bolivia, Tanpa Neymar di Laga Perdana Menuju Qatar
Bintang Brasil Neymar absen di laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2022. Neymar tidak bisa tampil melawan Bolivia karena cedera punggung.
Setelah 12 Tahun, Brasil Juara Copa America
Brasil juara Copa America 2019 setelah mengalahkan Peru 3-1 di laga final di Stadion Maracana, Senin 8 Juli 2019 dinihari WIB.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah