BPIP: Hari Kesaktian Pancasila Momentum Merdeka dan Sejahtera

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo menyatakan Hari Kesaktian Pancasila jadi momentum merdeka dan sejahtera.
Petugas membersihkan area Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu, 30 September 2020. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila akan diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2020 di lokasi tersebut. (Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha)

Jakarta - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo menyatakan hari Kesaktian Pancasila yang bertepatan pada 1 Oktober 2020 ini diharapkan bisa menjadi momentum aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kebijakan publik. 

Dia meyakini Hari Kesaktian Pancasila bisa mencerminkan tujuan-tujuan negara yang sudah merdeka sejak 1945 ini untuk membuat masyarakatnya mencapai kesejahteraan.

Dibutuhkan bangsa ini keluar dari masa lalu dan berani melakukan rekonsiliasi sesama anak bangsa.

"Peringatan kesaktian Pancasila sebagai momentum bangsa ini mengaktualisasikan Pancasila dalam kebijakan publik agar tujuan kita merdeka mencapai kesejahteraan", kata Romo Benny Susetyo dalam pernyataan tertulis yang diterima Tagar, Kamis, 1 Oktober 2020.

Baca juga: Jokowi Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Alumni Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana Malang ini memastikan orientasi pengambil kebijakan harus mengutamakan lima sila dalam Pancasila.

"Orientasi pengambil kebijakan juga harus mengarusutamakan rasa Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan", ujar dia.

Oleh karenanya, ia mendorong elite politik dapat bersikap dewasa dalam menyikapi isu-isu tentang redikalisme, terorisme dan komunisme yang masih berkembang. 

Baca juga: Brimob Polda Jateng Upacara Virtual Kesaktian Pancasila

Sebab, kata dia, bangsa ini harus fokus bergotongroyong, bersatu menghadapi pandemi Covid-19.

"Ke depan dibutuhkan bangsa ini keluar dari masa lalu dan berani melakukan rekonsiliasi sesama anak bangsa," tuturnya. 

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara dalam acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis, 1 Oktober 2020. Upacara digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, upacara digelar secara virtual. Para Menteri, pimpinan lembaga negara, perwakilan Indonesia di luar negeri, hingga kepala daerah dari berbagai wilayah di Tanah Air wajib mengikuti upacara dari kantornya masing-masing. []

Berita terkait
Menteri ESDM Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Virtual
Menteri Energi dan Sumber Daya Minera (ESDM), Arifin Tasrif mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 secara virtual.
Menakar Kesaktian Inpres No.6/2020 Melawan Corona
Presiden Jokowi mengeluarkan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 untuk meningkatlan disiplin guna mencegah virus Corona. Opini Lestantya R. Baskoro
Maknai Kesaktian Pancasila di Tengah Pandemi Corona
Saleh Partaonan Daulay menilai dalam situasi pandemi Covid-19 ini, nilai-nilai Pancasila perlu diaktulisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
0
PM Johnson MenDesak Negara G7 Sepakat Soal Paspor Covid-19
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, ingin KTT G7 yang akan datang, menyepakati perjanjian mengenai paspor vaksinasi Covid-19