UNTUK INDONESIA
Menteri ESDM Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Virtual
Menteri Energi dan Sumber Daya Minera (ESDM), Arifin Tasrif mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 secara virtual.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 secara virtual.(Foto: esdm.go.id).

Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 secara virtual di Gedung Sarulla Kementerian ESDM. Menteri didampingi Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Kepala Badan Litbang ESDM serta Kepala SKK Migas.

Seperti dikutip dari portal esdm.go.id, meskipun secara virtual, upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 di Kementerian ESDM berlangsung secara khidmat. Upacara  dilaksanakan sesuai protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 dilaksanakan di Gedung Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya dan dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara. Tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini adalah "Indonesia Berlandaskan Pancasila".

Rangkaian Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Upacara pada hari ini diawali dengan mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan  dipimpin oleh inspektur upacara. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 oleh Ketua DPD, La Nyalla Mattalitti, pembacaan dan penandatangan ikrar oleh Ketua DPR, Puan Mahrani. Terakhir  ditutup  dengan pembacaan doa oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendi.

Usai pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin melakukan kunjungan ke diorama Museum Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur. []

Berita terkait
Jokowi Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara dalam acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis, 1 Oktober 2020.
Jejak Rekam Hari Kesaktian Pancasila
1 Oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila. Ada peristiwa berdarah yang menjadi penyebabnya.
Lubang Buaya Jelang Hari Kesaktian Pancasila
Deretan pohon tinggi rindang dan rumput hijau membentang di pelataran Lubang Buaya, jauh dari kesan seram bayangan film G30S/PKI.
0
16 Orang Terduga Pelaku Demo Ricuh di Makassar Ditangkap
16 orang terduga pelaku demo tolak UU omnibus law di Kota makassar yang berakhir ricuh dan pembakaran mobil ambulance Partai NasDem ditangkap.