UNTUK INDONESIA

Daftar Link Resmi Pantau Banjir Jakarta via Aplikasi

Untuk memantau kondisi terkini banjir di DKI Jakarta bisa dilakukan via internet atau mengunduh aplikasi pantau banjir. Berikut link resminya.
Petugas gabungan membersihkan area masjid yang terdampak banjir di Jakarta. (Foto: Tagar/Dasril Roszandi/NurPhoto via Getty Images)

Jakarta - Untuk memantau kondisi terkini banjir di DKI Jakarta via internet, pemerintah telah menyiapkan tautan serta aplikasi. Pemprov DKI juga menyiapkan link url bagi warga yang ingin mengetahui data tahunan sebaran banjiri di Ibu Kota.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, menjelaskan sejak awal tahun 2021 ini, DKI Jakarta telah memiliki peta berbasis RT yang memungkinkan masyarakat memantau wilayah tergenang dan luasan area tergenang.

Informasi banjir Jakarta, termasuk penanganan kejadian banjir besar, dapat diakses dalam aplikasi Pantau Banjir atau situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/data-banjir-lintas-tahun.

Tidak hanya itu, lanjut Atika, data banjir lintas tahun lengkap juga tersedia di aplikasi/situs tersebut. Tidak hanya itu, akumulasi kejadian banjir juga bisa dilihat pada Portal Data Terbuka Pemprov DKI Jakarta melalui Jakarta Open Data yang dapat diakses pada url/link: https://data.jakarta.go.id/dataset/rekapitulasi-kejadian-banjir-pertahun.

"Terkait data, kami di Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk selalu terbuka kepada masyarakat. Masyarakat bisa mengakses informasi banjir secara real time melalui aplikasi Pantau Banjir," ucapnya seperti dikutip Antara.

Guna mengantisipasi cuaca ekstrem yang diperkirakan BMKG akan kembali terjadi pekan depan, Pemprov DKI Jakarta juga akan meningkatkan kinerja agar dapat memperkecil dampak dari cuaca ekstrem tersebut.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada menghadapi musim hujan ini. Bagi masyarakat yang ingin mengunduh panduan kesiapsiagaan menghadapi banjir melalui https://bit.ly/PanduanKesiapsiagaanMenghadapiBanjirJakarta.

Diberitakan Tagar sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan banjir yang melanda Ibu Kota imbas hujan lebat sejak Sabtu, 20 Februari 2021 dini hari, telah 100 persen surut pada Senin, 22 Februari 2021 dini hari. Kata Anies, petugas berhasil mengalirkan ari yang meluap.

"Alhamdulillah atas izin Allah, pada hari Minggu, satu hari kemudian 99,9 persen surut, ini terjadi lewat kerja keras seluruh jajaran untuk melakukan pemompaan di tempat-tempat yang terdampak, kemudian hari Senin dini hari jam tiga pagi tadi dipastikan 100 persen sudah surut," kata Anies.[]

Berita terkait
Innalillahi Wainnalillahi Rojiun Jakarta Banjir Lagi, Salah Siapa?
Jakarta banjir lagi, salah siapa? Mending jadi Lurah tapi kerjanya benar, daripada Lurah mimpi jadi Presiden RI bermodal prestasi amburadul.
BMKG: Tujuh Daerah Kategori Waspada Banjir di Sulsel
BMKG memprediksi tujuh daerah di wilayah Sulawesi Selatan berpotensi dilanda cuaca ekstrem. Ini ke tujuh daerah tersebut.
Aksi Heroik Kapolsek Cilandak Evakuasi Warga Terjebak Banjir
Kapolsek Cilandak, Jakarta Selatan AKP Iskandarsyah melakukan aksi heroik saat mengevakuasi warga yang terjebak banjir.
0
Daftar Link Resmi Pantau Banjir Jakarta via Aplikasi
Untuk memantau kondisi terkini banjir di DKI Jakarta bisa dilakukan via internet atau mengunduh aplikasi pantau banjir. Berikut link resminya.