UNTUK INDONESIA
Bocoran Tiga iPhone 5G Meluncur Tahun 2020
Apple akan meluncurkan tiga iPhone berkonektivitas 5G pada 2020 dengan prosesor kelas wahid.
iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max di perkaya tiga buah kamera belakang yaitu 12 MP Ultra Wide, Wide, dan Telefoto (Foto: iPhone.com).

Jakarta - Layanan generasi kelima atau 5G telah hadir di negeri China. Penyelenggaranya adalah China Mobile, China Unicom, dan China Telecom secara resmi meluncurkan layanan 5G, Jumat, 1 November 2019. 

Sedangkan di Indonesia penerapan layanan 5G dilakukan secara bertahap. Kehadiran layanan mobile internet generasi kelima di penjuru dunia juga harus didukung perangkatnya. Hal itu sudah diantisipasi sejumlah produsen smartphone.

Misalnya, Apple akan merilis tiga ponsel pintar sekaligus berkonektivitas 5G. Kabar perusahan gawai besutan Steve Jobs ini akan meluncurkan iPhone 5G telah beredar beberapa waktu lalu.

Disebutkan pada laporan terbaru bahwa seluruh produk iPhone rilisan tahun 2020 akan didukung jaringan generasi ke-5 tersebut.

Analis terkenal Apple, Ming-Chi Kuo menyebut Apple akan merilis tiga iPhone pada 2020, yaitu iPhone dengan layar 5,4 inch dan 6,7 inci yang didukung dengan konektivitas 5G. 

Sedangkan, iPhone XR dengan layar 6,1 inci hanya dibekali dengan jaringan LTE. iPhone teranyar ini akan diperkuat dengan chip Qualcomm Snapdragon X55 5G. 

Ketiga, model juga akan dibekali dengan layar OLED yang lebih berwarna daripada panel LCD.

Sebelumnya, Apple telah menggunakan layar OLED pada iPhone XS Max dan iPhone XS. Namun, pada laporan terbaru dari Ming-Chi Kuo menyebutkan bahwa ketiga iPhone akan dibekali dengan konektivitas 5G. 

Ming-Chi Quo juga menyebutkan bahwa tiga ponsel yang diluncurkan pada 2020 akan menggunakan modem Qualcomm 5G setelah pengakuisisi bisnis modem Intel sejak Juli 2019.

Apple juga diperkirakan akan menggunakan modem in-house-nya sendiri. Modem ini kabarnya akan dipasangkan denga chipset baru milik Apple yang kemungkinan disebut dengan A14 Bionic.

Laporan mengenai analis Ming-Chi Quo serta akuisisi bisnis modem Intel menguatkan dugaan sebelumnya bahwa Apple berencana beralih pada proses fabrikasi (pembuatan) chip 5 nm tahun depan. 

Sebelumnya, fabrikasi Apple menggunakan chip 7 nm yaitu chip B12 Aion yang memulai debutnya pada 2018.

Selain dengan konektivitas 5G dan proses fabrikasi chip 5 nm, iPhone tahun depan juga akan menjadi perilisan desain terbaru pertama Apple dari smartphone jagoannya sejak 2017, dan menyediakan fitur sensor sidik jari pada layar.

Konektivitas 5G akan menjanjikan kecepatan proses data yang lebih mumpuni dari sebelumnya. Teknologi ini direncakan tidak hanya akan tersedia dalam smartphone, tapi juga dari berbagai perangkat Apple. Tujuannya untuk menyediakan koneksi yang lebih baik pada perangkat lain seperti mobil otonom, dan kamera pintar.

Strategi Apple dalam peningkatan jaringan konektivitas menjadi 5G memanfaatkan momentum pemblokiran Huawei dalam hal ekspor. AS mengeluarkan larangan ekspor terhadap Huawei.

(Revy Putra Andaryanto)

Berita terkait
iPhone Lama Perlu Update iOS Agar Tetap Berfungsi
Apabila tidak maka akan berhenti berfungsi. Apple mencatat tenggat waktunya pada Minggu, 3 November 2019.
Casing iPhone 11 Pro Berlapis Emas Berharga Rp 1 Miliar
Casing hasil kustomisasi dari varian iPhone 11 Pro yang dilapisi 500 gram emas sehingga produk tersebut dibanderol sekitar Rp 1 miliar.
Harga Layanan 5G Setara dengan 4G di China
Layanan generasi kelima atau 5G telah hadir di negeri China. Penyelenggaranya yaitu China Mobile, China Unicom, dan China Telecom.
0
Pelaku Penyiraman Air Keras Terekam CCTV
Sebanyak enam pelajar SMP tersebut disiram oleh pelaku yang belum diketahui identitasnya itu dan apa motifnya.