UNTUK INDONESIA
iPhone Lama Perlu Update iOS Agar Tetap Berfungsi
Apabila tidak maka akan berhenti berfungsi. Apple mencatat tenggat waktunya pada Minggu, 3 November 2019.
Ponsel iPhone 5. (Foto: macrumors.com)

Jakarta - Bagi pengguna iPhone atau iPad keluaran tahun 2012 sebaiknya memperbaharui perangkat lunak Apple. Apabila tidak maka akan berhenti berfungsi. Apple mencatat tenggat waktunya pada Minggu, 3 November 2019.

Dikutip dari CNBC pekan lalu, iPhone 5 yang tidak menginstal pembaruan iOS 10.3.4 tidak akan lagi terhubung ke layanan online yang memerlukan tanggal dan waktu yang benar. 

Artinya, mereka mungkin tidak dapat mengunduh aplikasi dari App Store, mengakses email, atau jelajahi situs (web).

"Apabila memiliki iPhone 5, sangat penting untuk memperbarui perangkat lunak secara nirkabel atau menggunakan komputer Anda sebelum 3 November untuk mempertahankan lokasi GPS yang akurat. Dan untuk terus menggunakan fungsi yang mengandalkan tanggal dan waktu yang benar termasuk App Store, iCloud, email, dan menjelajah web," demikian dikatakan Apple di situs resminya.

Jika pengguna melewati tenggat waktu, maka tidak akan dapat mengunduh pembaruan di menu pengaturan iPhone, dan perlu memperbarui dengan menghubungkan smartphone ke komputer. 

Sedangkan iPhone 4s dan beberapa model iPad Mini, iPad 2, dan iPad generasi ketiga dengan chip seluler memerlukan pembaruan untuk iOS 9.3.6, atau tidak lagi dapat memiliki posisi GPS akurat. 

“Pembaruan diperlukan karena masalah perpanjangan waktu GPS," kata Apple.

Kondisi ini merupakan masalah yang memengaruhi banyak pembuat perangkat dan sistem yang berbeda. Sebagian besar pengguna iPhone mungkin sudah memiliki perangkat lunak yang jauh lebih baru di perangkat mereka. 

Versi iOS yang lebih baru diperlukan untuk mendaftar ke beberapa layanan Apple, atau bahkan untuk terhubung ke produk perangkat keras Apple baru seperti AirPods Pro.

Sistem operasi terbaru, iOS 13 dirilis baru-baru ini, dan dapat berjalan di iPhone 6S dan iPhone 6S Plus, yang dirilis pada 2015, dan semua model iPhone terbaru. 

Namun, ada yang masih menggunakan ponsel dari tahun 2012 dan sebelumnya, sehingga Apple merilis varian baru dari versi iOS yang lebih lama untuk menjaga perangkat itu bekerja dan memperbaiki masalah rollover GPS.

"Masalah ini tidak memengaruhi iPod touch atau model iPad yang hanya memiliki Wi-Fi. Ini juga tidak mempengaruhi perangkat iOS yang lebih baru daripada yang tercantum di atas," demikian kata Apple. []

Berita terkait
Casing iPhone 11 Pro Berlapis Emas Berharga Rp 1 Miliar
Casing hasil kustomisasi dari varian iPhone 11 Pro yang dilapisi 500 gram emas sehingga produk tersebut dibanderol sekitar Rp 1 miliar.
iPhone 11 dan iPhone 11 Pro Dites di Kedalaman 12 Meter
Apple iPhone 11 dan iPhone 11 Pro dilakukan uji coba pada kedalaman 12 meter di bawah laut di sebuah teluk di Amerika Serikat.
iPhone 11 Pro Max Smartphone Apple Termahal
iPhone 11 Pro Max menjadi varian iPhone termahal yang diluncurkan oleh Apple di tahun 2019 ini.
0
Sinopsis Film Bucin, Kisah Tiga Pria Budak Cinta
Film terbaru Rafi Films, Bucin mengisahkan empat pria bersahabat yang diperbudak cinta oleh pasangan mereka masing-masing.