Bocah 11 Tahun Tewas saat Bermain Wahana Air

Pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab kecelakaan di Adventureland Park di Atloona, Iowa, yang menyebabkan tiga orang lainnya terluka.
Adventureland Park di Atloona, Iowa, Amerika serikat. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Seorang anak laki-laki berusia 11 tahun dilaporkan meninggal dunia dan tiga orang lainnya terluka pada Minggu, 3 Oktober 2021 lalu setelah mengalami kecelakaan saat menaiki wahana air (arung jeram) di taman rekreasi di Iowa, Amerika Serikat sehari sebelumnya. Pihak berwenang masih menyelidiki penyebab kecelakaan ini.

Menurut sebuah pernyataan di halaman Facebook Adventureland Park, Pada Sabtu, 2 Oktober 2021 malam sekitar pukul 19.30 waktu setempat, sebanyak enam orang sedang dalam wahana, lalu rakit yang mereka tumpangi terbalik.

Berdasarkan laporan Departemen Kepolisian Atloona, Michael Jaramillo (11) tewas akibat cedera serius yang diderita akibat kecelakaan itu. Satu orang lainnya yang juga di bawah umur dalam kondisi kritis.

“Adventureland berduka saat mengetahui meninggalnya satu pengunjung yang terlibat dalam kecelakaan di Raging River," tulis Adventureland Park di laman Facebook akhir pekan lalu.

Menurut situs resmi Adventureland, Raging River yang merupakan wahana arung jeram telah menjadi permainan permanen di taman Adventureland sejak tahun 1983.

"Pada Jumat, sehari sebelum kecelakaan, wahana itu diperiksa dan dianggap dalam 'kondisi kerja yang baik'," tulis pengelola Adventureland di laman Facebook.

Wahana Raging River tetap ditutup saat penyelidikan berlanjut. Namun sebenarnya wahana itu pernah mengalami kecelakaan fatal sebelumnya. Dilaporkan Des Moines , sekitar lima tahun lalu, tepatnya pada 2016, dua karyawan taman sedang membantu pengendara masuk dan keluar dari rakit ketika tiba-tiba wahana itu mulai bergerak, membuat kedua pekerja itu berdiri.

Salah satu karyawan, Steve Booher (68) jatuh tiga kaki ke ban berjalan dan meninggal beberapa hari kemudian setelah mengalami retak tengkorak kepala dan cedera otak parah akibat kecelakaan ini.

Menurut laporan Associated Press, taman hiburan Iowa telah didenda ribuan dolar oleh Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Iowa sejak 2016.

Setelah insiden Raging Rivers 2016, Iowa OSHA memberikan sanksi denda sebesar 4.500 dolar AS atau Rp 65 juta kepada Adventureland. Selanjutnya pada 2018, agensi tersebut kembali menjatuhkan denda sebesar 14.500 dolar AS atau setara Rp 209,5 juta. []


Baca Juga :



Berita terkait
Tujuh Kecelakaan Wahana Permainan di Berbagai Negara
Kecelakaan wahana permainan memacu adrenalin pernah memakan korban luka hingga meninggal dunia. Di negara mana saja?
Listrik Mati Tak Pengaruhi Wahana di Ancol
PT Pembangunan Jaya Ancol tidak terpengaruh dengan pemadaman listrik yang dilakukan PLN di sejumlah daerah di Pulau Jawa, pada Minggu, 4 Agustus 2019.
Disneyland Tokyo, Jepang Buka Wahana Atraksi Baru
Tokyo Disneyland telah membuka arena atraksi baru yang diadopsi dari film legendaris Beauty and The Best.
0
Bocah 11 Tahun Tewas saat Bermain Wahana Air
Pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab kecelakaan di Adventureland Park di Atloona, Iowa, yang menyebabkan tiga orang lainnya terluka.