Indonesia
Mercy atau BMW Bakal Jadi Mobil Kepresidenan Jokowi?
Pemerintah berencana meremajakan mobil kepresidenan RI satu yang saat ini telah berusia 12 tahun.
Mercedes Benz S600 dan BMW Seri 7 yang menjadi calon terkuat mobil kepresidenan RI yang baru (Sumber: autoexpress uk)

Jakarta - Bukan rahasia lagi jika mobil kepresidenan yang saat ini dipakai Presiden Joko Widodo sering mengalami masalah mesin. Mercedes Benz S600 Guard yang dibeli pada tahun 2007 ini tercatat sudah tiga kali mogok sejak dipakai Jokowi mulai Oktober 2014. 

Mobil yang sudah berusia 12 tahun lebih tersebut dinilai sudah layak untuk diremajakan. Saat ini pemerintah melalui Kantor Staf Kepresidenan sedang mengkaji dan membahas secara internal ihwal peremajaan transportasi darat orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Namun, BMW dan Mercedes Benz digadang-gadang akan menjadi merk suksesor S600 Guard saat ini. Jika merujuk pada kelas dan spesifikasi mobil kepresidenan saat ini, maka Mercedes Benz kemungkinan besar akan menawarkan Mercedes-Maybach S600 tipe Guard atau Pullman Guard sebagai spesifikasi khusus untuk presiden. 

Mercedes-Maybach S600

Mobil ini merupakan generasi teranyar dari keluarga S Class Mercy. Dengan kode bodi W222, sedan bongsor ini bermesin 6000 cc dengan induksi paksa ganda (twin turbo). Mesin bensin ini mampu mengeluarkan 630 tenaga kuda dan torsi sebesar 1000 newton meter. Mesin ini mampu membuat mobil berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 4.9 detik. 

Mercedes Benz S600Mercedes Benz S600. (Foto: Topspeed)

Selain memiliki tenaga besar, mobil ini memiliki fitur keamanan tinggi seperti bodi lapis baja dan kaca yang terbuat dari campuran amarid, polyethelene dan polycarbonate sehingga tahan peluru dan ledakan bom.

Dari sisi interior, mobil dengan 12 silinder ini memiliki fasilitas yang mewah seperti jok berbahan kulit asli yang didesain untuk dapat memberikan kenyamanan bagi seorang kepala negara. 

Kemudian, di dalam mobil ini disematkan parfum dan teknologi suara dari speaker premium mereka yang dapat membuat para penumpang di dalamnya rileks dan santai. Bahkan, Mercedes mengklaim mobil ini dapat membuat orang yang duduk di dalamnya lebih sehat karena detak jantung lebih tenang ketika berada di mobil ini.

Mobil ini memiliki bobot lebih dari dua ton dengan panjang 5.2 meter. Mercedes-Maybach S600 Guard berkode W222 ini pertama kali diperkenalkan tahun 2013 dan baru saja disegarkan tampilannya (facelift) pada tahun 2017. 

Sejumlah kepala negara atau pemerintahan yang menggunakan mobil berharga lebih dari 25 milyar rupiah ini sebagai kendaraan dinas. Di antaranya Angela Merkel (Jerman), Raja Salman Bin Abdul Aziz (Arab Saudi), Narendra Modi (India), dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

BMW Seri 7

Kemudian, Bayerische Motoren Worke (BMW) disebut akan menawarkan mobil BMW Seri 7 Security Vechicle F02 jika pihaknya dipilih pemerintah menjadi produsen mobil kepresidenan yang baru. 

Mobil yang mampu menahan ledakan bom dan tembakan peluru AK 47 dan peluru sampai kaliber 0.44 Magnum ini juga telah mengantongi sertifikat kendaraan anti peluru (VR 7). Mobil berkode bodi G12 ini sudah rilis sejak 2015. 

BMW Seri 7BMW Seri 7. (Foto: autotrade.com.my)

Mobil yang dibuat khusus untuk kalangan pemimpin negara dan kalangan arisokrat ini bermesin 6600 cc memiliki 12 silinder dengan twin turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 610 tenaga kuda dan torsi sebesar 800 newton meter.

BMW sebagaimana diketahui merupakan pabrikan yang memproduksi mobil dengan kualitas berkendara yang sangat baik. BMW memiliki citra yang lebih sporty ketimbang Mercedes Benz yang tampak elegan.

BMW Seri 7 F02 ini mampu berlari hingga 300 km per jam. Mobil yang dibanderol dengan harga ditaksir sekitar 25 milyar rupiah ini sudah dipakai beberapa pemimpin negara seperti PM Australia Scott Morisson, Rumen Radev (Bulgaria), Mette Frederiksen (Denmark), dan Perana Menteri Selandia Baru, Jacinda Andern.

Baca juga:

Berita terkait
0
Naik Berahi, Pria di Makassar Nyaris Perkosa Adiknya
Seorang pelajar di Kota Makassar, nyaris diperkosa oleh sepupunya sendiri, AL di salah satu kamar penginapan.