UNTUK INDONESIA

BMKG: Waspada Hujan Ekstrem Tiga Hari ke Depan di Jabodetabek

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi hujan lebat akan terjadi beberapa hari ke depan di Jabodetabek, warga diminta waspada.
Banjir yang menggenangi wilayah pemukiman di Jabodetabek, Sabtu, 20 Februari 2021. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan agar masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan di Jabodetabek.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, Potensi hujan ekstrem dan lebat menurut BMKG terjadi di Februari sampai akhir Februari dan bahkan Maret.

Mohon kewaspadaan di seluruh wilayah Jabodetabek terutama di bantaran-bantaran sungai. Ini yang akan terdampak, atau di daerah-daerah rendah terdampak paling serius.

"Mulai Selasa 23 Februari 2021 diprediksi hujan mulai meningkat di malam hari sampai 24 Februari 2021," kata Dwikorita, Minggu 21 Februari 2021.

Dwikorita menambahkan, dalam pridiksi BMKG potensi hujan intensitasnya lebat dari 24 hingga 26 Februari 2021 akan terjadi, meskipun dalam satu hari itu ada jeda tidak menerus hujan lebat selama 24 jam.

Karena menurut Dwi, biasanya hujan mereda itu dari pagi hingga siang hari. Di sore hari baru mulai mendung kembali dan hujan dengan itensitas tinggi terjadi.

Dalam pridiksi BMKG hujan dengan intensitas tinggi relatif merata di seluruh Jabodetabek.

"Untuk itu mohon kewaspadaan di seluruh wilayah Jabodetabek terutama di bantaran-bantaran sungai. Ini yang akan terdampak, atau di daerah-daerah rendah terdampak paling serius," ujarnya. []

Berita terkait
Daftar Rute KA Yogyakarta - Jakarta Dibatalkan Akibat Banjir
Berikut daftar lengkap perjalanan kereta api relasi Jakarta - Yogyakarta maupun daerah lain dan sebaliknya yang dibatalkan akibat banjir Bekasi.
Update Banjir Bekasi, 5 KA Tujuan Jakarta Batal Berangkat
Banjir di Bekasi masih genangi jalur kereta api. Imbasnya, 5 perjalanan KA tujuan Jakarta yang melintasi Semarang dibatalkan.
Rute KA yang Dibatalkan dan Dialihkan Akibat Banjir Jakarta
PT KAI minta maaf atas terganggunya perjalanan akibat banjir di Jakarta. Berikut perjalanan KA yang dibatalkan dan dialihkan.
0
BMKG: Waspada Hujan Ekstrem Tiga Hari ke Depan di Jabodetabek
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi hujan lebat akan terjadi beberapa hari ke depan di Jabodetabek, warga diminta waspada.