Daftar Rute KA Yogyakarta - Jakarta Dibatalkan Akibat Banjir

Berikut daftar lengkap perjalanan kereta api relasi Jakarta - Yogyakarta maupun daerah lain dan sebaliknya yang dibatalkan akibat banjir Bekasi.
Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta - Banyak perjalanan kereta api jarak jauh relasi Jakarta ke Yogyakarta maupun daerah lain dan sebaliknya yang dibatalkan maupun dialihkan akibat dampak cuaca ekstrem berupa banjir. Hingga kini, ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh - Lemahabang Km 55 +100 s.d KM 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 centimeter.

Baca Juga:

Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto mengatakan, tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air. 

"Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Minggu, 21 Februari 2021.

Menurut dia, dengan kondisi genangan air yang cukup tinggi tersebut, PT KAI melakukan pembatalan perjalanan KA untuk keseluruhan jadwal keberangkatan Minggu, 21 Februari 2021, yaitu KA dari dan menuju Jakarta. Berikut jadwal KA yang dibatalkan keberangkatan dari stasiun Pasar Senen dan Gambir:

  • Pasar Senen menuju/lewat Daop 6 Yogyakarta

KA 254 Jayakarta (Pasar Senen-Surabaya Gubeng) keberangkatan pukul 17.10 WIB

  • Dari/lewat Daop 6 Yogyakarta menuju Pasar Senen, yang batal:

1. KA Progo, relasi Lempuyangan - Pasar Senen

2. KA Senja Utama Solo, relasi Solo - Pasarsenen

3. KA Singasari, relasi Blitar - Pasarsenen

4. KA Jayakarta, relasi Surabaya Gubeng - Pasarsenen

5. KA Bengawan, relasi Purwosari - Pasarsenen

  • Stasiun Gambir menuju/lewat Daop 6 Yogyakarta

1. KA 76A Bima (Gambir-Surabaya Gubeng) keberangkatan Gambir pukul 17.00 WIB

2. KA 72A Gajayana (Gambir-Malang) keberangkatan Gambir pukul 18.10 WIB

3. KA 8A Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan Gambir pukul 20.00 WIB

  • KA lewat Daop 6 Yogyakarta menuju Gambir, batal:

1. KA Bima, relasi Surabaya Gubeng - Gambir

2. KA Gajayana, relasi Malang - Gambir

3. KA Argo Dwipangga, relasi Solobalapan - Gambir

Baca Juga:

Supriyanto mengatakan, bagi pelanggan KA yang sudah memesan tiket pada KA yang dibatalkan perjalanannya, dapat melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun. Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen. []

Berita terkait
Update Banjir Bekasi, 5 KA Tujuan Jakarta Batal Berangkat
Banjir di Bekasi masih genangi jalur kereta api. Imbasnya, 5 perjalanan KA tujuan Jakarta yang melintasi Semarang dibatalkan.
Bantuan Logistik Banjir Jadetabek, BRI: Kami Akan Terus Hadir
BRI Group salurkan bantuan logistik pada korban banjir Jadetabek, pihaknya nyatakan akan terus hadir di tengah masyarakat.
Jakarta Banjir, Ribuan Personel TNI Polri Bantu Warga
Ribuan personel diterjunkan untuk bantuk warga korban banjir di Jakarta dan Bekasi. Wujud negara hadir di tengah masyarakat yang lagi kesulitan.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19