Update Banjir Bekasi, 5 KA Tujuan Jakarta Batal Berangkat

Banjir di Bekasi masih genangi jalur kereta api. Imbasnya, 5 perjalanan KA tujuan Jakarta yang melintasi Semarang dibatalkan.
Kereta api melintasi rel yang tergenang banjir di Semarang belum lama ini. Banjir di Bekasi membuat 5 perjalanan KA lintasan Semarang tujuan Jakarta dibatalkan. (Foto: Tagar/Istimewa)

Semarang - Banjir masih menggenangi rel kereta api yang melintas wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Imbasnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) terpaksa membatalkan lima perjalanan kereta api tujuan Jakarta, yakni Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.  

Sampai siang tadi, kondisi jalur kereta api antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang, Km 55+100 hingga Km 53+600, masih tergenang banjir yang cukup dalam. Ketinggian air mencapai 150 Cm di atas kop rel. Selain itu air banjir juga menggerus balas batu kricak yang menjadi landasan jalur KA.

Tim prasarana dari PT KAI saat ini masih melakukan perbaikan dan memeriksa jalur KA yang terjadi gogosan untuk mengambil langkah agar nantinya kereta api bisa melintas dengan aman. 

"Kami dari PT Kereta Api Indonesia, khususnya Daop 4 Semarang mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa kereta api akibat dampak banjir di wilayah Jakarta ini," ucap Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro, Minggu, 21 Februari 2021.

Pembatalan tiket akan dapat pengembelian 100 persen

Pembatalan sejumlah KA pun dilakukan PT KAI pada hari Minggu ini menginggat kondisi jalur KA masih belum bisa dilalui hingga sekarang. Berikut jadwal perjalanan kereta api tujuan Pasar Senen dan Gambir yang melintas di Daop 4 Semarang yang dibatalkan: 

  • Tujuan Stasiun Pasar Senen: 
  1. KA Dharmawangsa (Surabaya Pasar Turi - Pasarsenen).
  2. KA Tegal Ekspres (Tegal - Pasarsenen).
  3. 3.KA Jayabaya (Malang - Pasarsenen).
  • Tujuan Stasiun Gambir
  1. KA Argo Muria sore (Semarang Tawang - Gambir).
  2. KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi- Gambir)

"Bagi penumpang KA yang mestinya berangkat dari Semarang, baik dari Tawang maupun Poncol, dan sudah memesan tiket, maka KA yang dibatalkan perjalanannya, dapat melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun. Pembatalan tiket akan dapat pengembelian 100 persen," beber dia.

 Baca juga: 

Sementara untuk memaksimalkan layanan, khusus untuk siang tadi, KA Argo Anggrek dan Dharmawangsa tujuan Surabaya Turi masih bisa dijalankan. Para penumpang deevakuasi dengan bus dan diberangkatkan dari Stasiun Cikampek.

"Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan [email protected] dan Sosial media @keretaapikita @kai121_1," imbuh Krisbiyantoro. [] 

Berita terkait
Rute KA yang Dibatalkan dan Dialihkan Akibat Banjir Jakarta
PT KAI minta maaf atas terganggunya perjalanan akibat banjir di Jakarta. Berikut perjalanan KA yang dibatalkan dan dialihkan.
Banjir Jakarta Ganggu Perjalanan KA ke Jateng dan Jatim
Sejumlah perjalanan kereta api dari Jakarta menuju Jateng dan Jatim terganggu imbas dampak banjir yang genangi jalur rel KA.
Jakarta Banjir, Ribuan Personel TNI Polri Bantu Warga
Ribuan personel diterjunkan untuk bantuk warga korban banjir di Jakarta dan Bekasi. Wujud negara hadir di tengah masyarakat yang lagi kesulitan.
0
Penjelasan Kementerian ATR/BPN Soal Reforma Agraria
Reforma Agraria adalah program Pemerintah untuk mengurangi ketimpangan dalam kepemilikan, penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah.