BKN, 95% Persetujuan Teknis & Penetapan NIP CPNS 2019

BKN telah terbitkan 126.351 persetujuan teknis dan penetapan Nomor Identitas Pegawai (NIP) atau 95% dari 132.169 usulan masuk.
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. (Foto: Tagar/Tangkapan Layar YouTube BKN)

Jakarta - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 yang diadakan pada 2020 berhasil direkrut 138.782 CPNS dan saat ini BKN sudah menerbitkan 126.351 persetujuan teknis dan penetapan Nomor Identitas Pegawai (NIP) atau 95% dari 132.169 usulan masuk untuk penetapan NIP yang disampaikan dari instansi ke BKN.

Meski begitu, persetujuan yang sudah diterbitkan oleh BKN ini belum semua di tindaklanjuti dengan penerbitan SK CPNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Diharapkan oleh BKN, PPK dapat segera menerbitkan serta menyerahkan SK CPNS agar CPNS dapat segera bekerja.

BKN pun saat ini tengah memfokuskan diri memproses penerbitan persetujuan teknis dan penetapan Nomor Induk (NI) calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang telah berhasil tersaring di tahun 2019 lalu, yakni sebanyak 51.293 orang.

Baca juga:

Saat ini masih sedikit calon PPPK 2019 yang sudah ditetapkan persetujuan teknis dan penetapan NI-nya. Usul masuk untuk penetapan NI calon PPPK baru berjumlah 27.411 orang, kemudian untuk usulan yang masuk dari data entry itu baru sejumlah 2.664 orang.

Ini terjadi lantaran Badan Kepegawaian di Daerah melakukan data entry sendiri tidak sama dengan penerimaan CPNS yang data entry-nya dilakukan oleh CPNS itu sendiri. Diharapkan oleh BKN para pengelola kepegawaian daerah untuk segera mungkin melakukan data entry serta mengusulkan penetapan NI PPPK sehingga NI dapat segera ditetapkan dan dapat segera bekerja. []

Berita terkait
3 Unit Kerja BKN Dapatkan Predikat WBK 2020
Tiga unit BKN dapatkan predikat Wilayah Babas dari Korupsi, yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi.
75 Instansi Pemerintah Raih BKN Award 2020
Badan Kepegawaian Negara (BKN) berikan penghargaan kepada 75 Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) di BKN Awards 2020.
BKN Luncurkan SIASN, Sebagai Perwujudan Satu Data ASN
BKN luncurkan SIASN yang merupakan jawaban dari implementasi Satu Data ASN.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.