UNTUK INDONESIA
BJ Habibie Ditemani Putranya Sampai Titik Terakhir
Thareq Kemal, putra bungsu Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menemai ayahnya hingga titik terakhir tutup usia.
BJ Habibie dengan keluarga pada tahun 1998. (Foto: Wikipedia/Kantor Wakil Presiden Republik Indonesia)

Jakarta - Thareq Kemal, putra bungsu Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menemai ayahnya hingga titik terakhir tutup usia. Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu, 11 September 2019.

"Sampai titik terakhir saya masih ada di situ tapi hari ini pada 11 September 2019, 18.05, Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie, sudah meninggal," tuturnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

Thareq membeberkan kenapa Habibie meninggal dunia. Selain faktor usia, Habibie yang menjalani perawatan intensif di Cardiac Intensive Care Unit, Paviliun Kartika sejak 1 September 2019 mengalami gagal jantung.

"Karena sudah menua dan memakan usia. Kemarin saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan penurunan itu, kalau memang organ-organ itu degenerasi melemah, menjadi tidak kuat lagi, maka tadi jam 18 lebih lima, jantungnya dengan sendiri menyerah," kata dia.

Thareq tidak menyalahkan Tim Dokter Kepresidenan (TDK) atas meninggalnya Habibie. Karena, menurut dia TDK sudah membuat tempat terbaik.

"Tidak ada yang bisa dibuat apa-apa lagi mohon doanya, terima kasih, mohon pengertian bahwa kami dalam keadaan berduka. Terima kasih, terima kasih banyak," ujarnya.

Sebelumnya, seluruh keluarga dekat Habibie sudah berkumpul termasuk kedua anak dan cucu-cucunya kata eks Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Akbar Tanjung.

Senada dengan Akbar Tanjung, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, yang juga merupakan keponakan Habibie mengatakan keluarga dekat sudah berkumpul.

"Semua keluarga sudah dipanggil, terutama anak-anak beliau. Sudah di tempat," ujar Rusli usai menjenguk pada Rabu sore, 11 September 2019. []

Berita terkait
Penjelasan Thareq Habibie Soal Meninggalnya BJ Habibie
Thareq Kemal putra kedua Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) jelaskan ayahnya yang meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, pada 18.15.
Presiden ke-3 RI, BJ Habibie Meninggal Dunia
Presiden ke-3 Indonesia, Baharudin Jusuf Habibie dikabarkan meninggal dunia.
Kondisi Kesehatan BJ Habibie Stabil
Kondisi kesehatan BJ Habibie stabil yang dirawat di RSPAD Jakarta.
0
PSM Makassar Pesta Gol Saat Lawan Persipura Jayapura
PSM Makassar tampil gemilang saat meraih kemenangan besar 4-0 atas Persipura Jayapura di pertandingan Shopee Liga 1 2019, Senin 18 November 2019.