UNTUK INDONESIA
Bioskop di Jakarta Sudah Dibuka, Begini Aturannya
Sejumlah bioskop termasuk CGV kembali dibuka. Dalam satu hari CGV hanya membuka 8 auditorium.
Sejumlah bioskop termasuk CGV kembali dibuka mulai Rabu 21 Oktober 2020 lalu. (Tagar/Instagram)

Jakarta - Bioskop di Jakarta mulai kembali beroperasional hari Rabu 21 Oktober 2020 lalu. Pengumuman tersebut dirilis oleh bioskop CGV melalui laman Instagram resmi keduanya.

Harimanada Chalid selaku Public Relation Manager di CGV cabang Grand Indonesia memberikan konfirmasi mengenai bioskop telah kembali beroperasi semenjak berbulan-bulan tutup karena pandemic.

"Hari ini, CGV dibuka kembali setelah masa pandemi ini adalah hasil asesmen dari pemprov DKI Jakarta. Senin mereka sudah datang untuk cek persiapan dan protokol. Tim teknis sudah puas dan usai keliling dan izin pembukaan bioskop sudah dikeluarkan," kata Harimanda, Kamis 22 Oktober 2020.

Mulai Rabu kemarin, kami hanya membuka 8 auditorium dari 11 auditorium dengan maksimal 3 sampai 4 show,

Ia menjelaskan dalam satu hari CGV hanya membuka 8 auditorium dari 11 auditorium dengan maksimal 3 sampai 4 show dalam satu hari dengan jam operasional mengikuti pusat perbelanjaan yang ada.

“Mulai Rabu kemarin, kami hanya membuka 8 auditorium dari 11 auditorium dengan maksimal 3 sampai 4 show, jadi misalnya buka jam 11 maka show pertama kami jam 12 lalu bila tutup jam 9 malam maka show terakhir kami di jam 8 atau 8.30 malam. Itu untuk jeda penyemprotan disinfektan setiap usai show,” jelasnya.

ia menambahkan ada berbagai protokol kesehatan yang dilakukan oleh pihak CGV Indonesia demi menjaga kenyamanan dan keamanan para pengunjung di tengah situasi pandemi.

Pertama ada prosedur yang dilalui penonton sebelum masuk harus scan barcode untuk tracing data lengkap, 6 digit nik, nama lengkap, nomor ponsel, tanggal kedatangan, jam kedatangan, sebelum masuk diukur suhu, kalau 37,3 derajat boleh masuk diatas itu tidak bisa.

Sedangkan untuk tiketnya, para penonton bisa pesan secara online, termasuk makan dan minuman.

"Untuk makan dan minum diperbolehkan di restoran kami, tapi tidak di dalam bioskop, masker juga harus tetap dipakai karena ada staff yang mengecek secara berkala. Usai pertunjukan akan ada staf yang memandu untuk penonton keluar dan meminta penonton tak berlama-lama di area CGV," ucapnya.

Lalu untuk cabang CGV di Jakarta yang sudah kembali menerima penonton adalah CGV Grand Indonesia, CGV AEON Mall Jakarta Garden City, CGV Green Pramuka Mall dan CGV Transmart Cempaka Putih.

Harimanda menjelaskan untuk warga yang ingin kembali menikmati film bioskop harus mengingat mengingat pentingnya aturan protokol kesehatan yang telah tertulis dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 101 Tahun 2020.

Yaitu tentang Perubahan Atas Pergub Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 yang telah disahkan Anies Baswedan pada 9 Oktober kemarin.

Peraturan tersebut menggalakkan disiplin menjaga jarak sebagai salah satu cara efektif dalam memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menganjurkan agar setiap warga Indonesia menerapkan gaya hidup 3 M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. []

Baca juga: 

Berita terkait
Bioskop di Jakarta Dibuka, 1 Ruangan Bisa Dirental Sekeluarga
Penikmat film diberikan tawaran rental cinema pribadi dalam jaringan bioskop di Jakarta. Satu ruangan bisa nonton cuma sekeluarga.
Pemkot Semarang Ancang-ancang Buka Bioskop
Pemkot Semarang berancang-ancang membuka operasional bioskop di wilayahnya. Prosedurnya, silakan ajukan izin operasional ke Disbudpar.
Pemkot Yogyakarta Hati-hati Izinkan Pembukaan Bioskop
Pemkot Yogyakarta tidak gegabah memberi izin operasional bioskop di wilayahnya. Keselamatan warga lebih diutamakan.
0
Bioskop di Jakarta Sudah Dibuka, Begini Aturannya
Sejumlah bioskop termasuk CGV kembali dibuka. Dalam satu hari CGV hanya membuka 8 auditorium.