UNTUK INDONESIA
BIN: Penusukan Wiranto Berkaitan Perencana Bom Bekasi
Kepala BIN Budi Gunawan menduga pelaku penusukan Menko Polhukam Wiranto berhubungan dengan lima orang yang ditangkap di Bekasi.
Menko Polhukam Wiranto (kiri) berbincang dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, sebelum Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) tingkat menteri di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, 30 September 2019. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menduga pelaku penusukan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berhubungan dengan lima orang yang ditangkap polisi di Bekasi, Jawa Barat, beberapa hari lalu.

"Ada kaitannya dengan lima yang kemarin ditangkap di Bekasi beberapa waktu lalu yang merencanakan membom," ujar Budi Gunawan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019 seperti dilansir dari Antara.

BIN melihat aksi penyerangan oleh pelaku dengan menggunakan pisau merupakan salah satu aksi yang dilakukan jelang pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin pada 20 Oktober 2019.

Ada kaitannya dengan lima yang kemarin ditangkap di Bekasi beberapa waktu lalu yng merencanakan membom.

Sesuai dengan prediksi BIN, memang akan ada serangan dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD), khususnya JAD Bekasi jelang pelantikan. Hanya saja, penyerangan bukan menggunakan bom.

Tapi, BIN, kata dia tidak akan membiarkan JAD beraksi. BIN berupaya mengantisipasi kemungkinan penyerangan lain yang direncanakan JAD jelang pelantikan.

"Kita akan terus pantau, khususnya pelaku ini. Dalam waktu bersamaan, satuan tugas gabungan dari BIN dan Densus 88 sedang mengembangkan untuk mengambil yang lainnya," ujarnya.

Sementara itu, kendati insiden penyerangan terhadap Wiranto terjadi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan belum memikirkan rencana untuk meningkatkan kemanan jelang 20 Oktober mendatang.

Sebab, Tjahjo meyakini kepolisian bisa dan akan menumpas semua jaringan yang terkait dengan pelaku penyerangan, yakni Syahrial Alam alias Abu Rara dan Fitri Andriana Binti Sunarto.

"Saya yakin polisi akan mengungkap dengan detail. Karena memang dia tergabung dalam jaringan. Dan sangat terencana sekali," ucapnya. []

Berita terkait
Kondisi Wiranto, Mendagri: Sudah Stabil, Beliau Senyum
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo jelaskan kondisi Menko Polhukam Wiranto sudah stabil seusai menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto.
Istri Penusuk Wiranto, Sering Memarahi Orang Tua
Keluarga Fitria Diana, istri Syahril Alamsyah yang merupakan pelaku penikam Menko Polhukam Wiranto, mengungkap perubahan drastis anaknya.
Pelaku Penyerang Wiranto, Abu Rara Dikenal Taat Agama
Menko Polhukam Wiranto diserang orang yang tidak dikenal dengan senjata tajam di Banten. Salah satu pelaku penyerangan dikenal sebagao orang taat.
0
Nobel Ekonomi 2019, Penelitian Tentang SD Inpres di Indonesia
Nobel Ekonomi tahun 2019 dimenangkan tiga ekonom dari Amerika. Salah satunya mengangkat riset tentang Sekolah Dasar (SD) Inpres di Indonesia.