UNTUK INDONESIA
Besok, Peresmian Peluncuran Palapa Ring
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan peresmian Palapa Ring akan dilakukan, Senin, 14 Oktober 2019.
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ketika dibincangi pada acara "Kick Off Piala Presiden Esport 2020" di Jakarta, Minggu (13/10/2019). (Foto: Antara/Arindra Meodia)

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan peresmian Palapa Ring akan dilakukan, Senin, 14 Oktober 2019.

"Saya dapat undangan untuk peresmian peluncuran Palapa Ring, karena kan yang Timur, Agustus kemarin sudah selesai," ujar Rudiantara ketika dibincangi seusai acara "Kick Off Piala Presiden Esport 2020" di Jakarta, diktup dari Antara, Minggu, 13 Oktober 2019.

Menurut Rudiantara, acara undangan Menteri Sekretariat Negara itu akan digelar di Istana Negara pukul 10.00 WIB. Dalam acara tersebut, telekonferensi akan dilakukan untuk menjajal jaringan.

Palapa Ring itu seperti jalan tol-nya, backbone-nya.

"Rencananya ada (conference) dari berbagai tempat, dari barat, dari timur, dari tengah," katanya.

Pembangunan Palapa Ring Timur telah selesai pada Agustus 2019. Saat ini, menurut Rudiantara, terdapat 18 perusahaan yang telah mengajukan permintaan uji coba.

Rudiantara mengatakan dua dari 18 perusahaan tersebut sedang melakukan uji coba jaringan, yaitu Telkom dan Primacom.

"Uji coba sampai November, tiga bulan. Palapa Ring itu seperti jalan tol-nya, backbone-nya. Nanti ada yang bangun aksesnya, ya operator-operator. Ada juga penyelenggara jasa internet," ujar Rudiantara. 

Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer. []

Baca juga:

Berita terkait
Menkominfo Rudiantara: Buzzer Sah-sah Saja
Rudiantara mengatakan kehadiran buzzer di sosial media merupakan suatu hal yang wajar selama konten yang diunggah tidak melanggar hukum.
Rudiantara: OVO Jadi Unicorn Kelima di Indonesia
Menkominfo Rudiantara memastikan penyedia layanan dompet digital OVO sudah berstatus unicorn.
Rudiantara: Kita Kehilangan Bapak Teknologi Kelas Dunia
Rudiantara menyatakan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian BJ Habibie yang berpulang ke Rahmatullah dalam usia 83 tahun.
0
Ariel Tatum Jadi Penyanyi Tamu di Album Glenn Fredly
Penyanyi muda Ariel Tatum menjadi salah satu biduan tamu di album terbaru Glenn Fredly yang berjudul Romansa ke Masa Depan.