UNTUK INDONESIA
Umumkan Dirut PLN, Erick Thohir: Rudiantara Kandidat
Menteri BUMN Erick Thohir akan mengumumkan nama yang duduk di kursi Direktur Utama PLN, Senin, 23 Desember 2019 di Kementerian BUMN.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. (Foto: Instagram/@kemenkominfo)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan mengumumkan nama yang duduk di kursi Direktur Utama (dirut) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Senin, 23 Desember 2019. Salah satu dari tiga kandidat dirut PLN, kata dia adalah eks Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) 2015-2019 Rudiantara.

"Pak Rudiantara salah satu kandidat," ucap Erick di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin, 23 Desember 2019 seperti dilansir dari Antara.

Seusai pengambilan keputusan, pengumuman akan dilakukan sekitar 04.00 di kantornya. "Nanti jam 4 sore, harusnya di kantor Kementerian (BUMN),” tuturnya.

Selain mengumumkan nama Dirut PLN, Erick juga akan menyampaikan siapa saja yang duduk di kursi Wakil Direktur Utama PLN, Direktur Keuangan PLN, Komisaris Utama PLN, dan Wakil Komisaris Utama PLN.

Baca juga: PLN Butuh Dirut Kuat, 3 Tugas Ini Menanti Rudiantara

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga pernah mengungkapkan alasan membeberkan alasan kenapa memilih mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sebagai satu dari tiga kandidat Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero).

Salah satu alasannya, kata dia karena Rudiantara memiliki pengalaman membidangi perusahaan besar.

"Bapak Rudiantara itu pernah memiliki pengalaman di bidang telekomunikasi, artinya beliau pernah memegang perusahaan besar juga di bisnis," ujarnya di Jakarta, Senin, 25 November 2019.

Ia mengatakan sebelum mengusulkan tiga nama kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) Menteri BUMN Erick Thohir memang mencari kandidat yang memiliki pengalaman di bisnis.

Jadi saat menemukan sosok profesional dan kuat serta memahami alur bisnis, ia mengirimkan nama kandidat, termasuk nama Rudiantara pada Jokowi.

Rudiantara ditunjuk sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero), Senin, 25 November 2019 seperti yang diungkapkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat ditanya wartawan mengenai hasil Tim Penilai Akhir (TPA) untuk Rudiantara.

Rudiantara adalah Menkominfo periode 2014-2019. Sebelum menjadi Menkominfo, ia pernah menjadi Wakil Direktur PT PLN pada 2008-2009.

Sebelum mengundurkan diri dari PT PLN, ia terlibat dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt.

Seusai ditunjuk sebagai Menteri BUMN Erick Thohir sudah melakukan bersih-bersih di BUMN. Ia juga menunjuk sejumlah nama yang menjadi komisaris maupun direksi BUMN.

Nama-nama tersebut antara lain Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina, Pahala N Mansury sebagai Direktur Utama BTN sedangkan Komisaris Utama BTN adalah Chandra Hamzah. Erick Thohir juga mengangkat Orias Petrus Moedak menjadi Dirut PT Inalum (Persero). []

Berita terkait
Erick Thohir Ganti Dirut, Komut dan DirKeu PLN
Erick Thohir bakal melakukan penggantian posisi Direktur Utama (Dirut), Komisaris Utama (Komut) dan Direktur Keuangan (DirKeu) PLN pada hari ini.
Rombak BUMN, Said Didu: Erick Thohir Cuci Piring
Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu mengatakan saat ini Menteri BUMN Erick Thohir tengah mencuci piring di BUMN.
Kapan Penetapan Rudiantara Jadi Dirut PLN?
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menuturkan penetapan Rudiantara sebagai Dirut PLN akan diputuskan melalui RUPS.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.