UNTUK INDONESIA
Lama Menghilang, BMX Hadirkan Sepeda Listrik
Sepeda BMX sempat berjaya pada era 1990-an, dan kini sepeda berjenis urban lifestyle itu kembali hadir dengan fitur motor listrik.
Sepeda BMX listrik Zooz. (Foto: Antara/HO/Zooz)

Jakarta - Sepeda BMX sempat berjaya pada era 1990-an, dan kini sepeda berjenis urban lifestyle itu kembali hadir dengan fitur motor listrik. Produsen sepeda asal Amerika Serikat (AS), Zooz Bikes, meluncurkan tiga sepeda listrik bermodel BMX, yaitu Zooz Urban Ultralight 250, Urban Ultralight 750, dan Urban Ultralight 1100.

Pendiri perusahaan Chris Zahner mengatakan bahwa Urban Ultralight bukanlah sepeda yang menawarkan teknologi canggih, melainkan sepeda yang menawarkan kegembiraan bagi pemiliknya.

"Penduduk kota mencari eksplorasi dan kegembiraan pada mobilitas sederhana karena kewajiban jarak sosial tidak hanya memengaruhi perjalanan Anda tetapi juga mengurangi kegembiraan. Zooz menawarkan sensasi sesuai permintaan," kata Chris Zahner di laman resmi perusahaan, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 18 September 2020.

Sepeda BMX lLstrik ZoozSepeda BMX Listrik Zooz. (Foto: Antara/HO/Zooz)

Spesifikasi

Tiga sepeda Zooz menggunakan rangka baja yang dibalut cat warna perak. Sadel atau tempat duduknya dibuat lebih panjang dari model BMX pada umumnya.

Model Urban Ultralight 250 memakai motor listrik berkekuatan 250 watt pada roda belakang, dibekali baterai 36V 17.5Ah untuk jarak tempuh maksimal 40 kilometer (km). 

Sepeda BMX Urban Ultralight 750 menggunakan motor listrik berkekuatan 575 watt sampai 900 watt dengan baterai 48V 17,5Ah untuk jarak tempuh maksimal 40 kilometer.

Sementara model Urban Ultralight 1100 menggunakan motor listrik berkekuatan 1.092 watt, baterai 52V 21Ah yang menawarkan jarak tempuh maksimal 53 kilometer.

Tiga sepeda BMX Zooz itu tidak hanya dijual di AS, tapi juga tersedia di Uni Emirat Arab, beberapa negara Eropa, Inggris, Kanada dan Australia.

Sepeda BMX Zooz Urban Ultralight 250 dijual 1.500 dolar AS atau setara Rp 22,5 juta, BMX Urban Ultralight 750 dihargai 2.000 dolar AS atau Rp 30 juta, dan BMX Urban Ultralight 1100  dibanderol 2.500 dolar AS atau setara Rp 37,5 juta.[]

Sepeda BMX Listrik ZoozSepeda BMX Listrik Zooz. (Foto: Antara/HO/Zooz)

Berita terkait
Ducati Hadirkan Sepeda Listrik Lipat Terbaru
Ducati bekerja sama dengan MT Distribution menghadirkan tiga model sepeda lipat elektrik (folding e-bikes) terbaru dengan pedal assistance.
Sepeda Listrik Pertama Triump Trekker GT Rp 52 Juta
Triumph memperkenalkan sepeda listrik pertama buatannya, yaitu Trekker GT, dalam 118 tahun sejarah merek sepeda motor asal Inggris tersebut.
Motor Listrik Shimano EP8 untuk Sepeda Gunung
Shimano, yang merupakan produsen komponen sepeda, merilis perangkat motor listrik Shimano EP8 untuk sepeda gunung.
0
11 Orang Ditangkap Demo Rusuh Omnibus Law di Banyuwangi
Polresta Banyuwangi menangkap 11 orang diduga provokator demo rusuh omnibus law di depan DPRD. Dari 11 terdapat anak di bawah umur.