UNTUK INDONESIA

Berkendara Saat Musim Hujan, Waspada Bahaya Aquaplaning

Saat berkendara di musim hujan, sejumlah bahaya kerap kali mengintai pengendara, salah satunya adalah fenomena Aquaplaning. Berikut Penjelasannya.
Ilustrasi mobil melaju di jalanan basah. (Foto: Tagar/Torque)

Jakarta - Berkendara saat musim hujan perlu perhatian khusus demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika mengemudikan mobil di trek basah, sejumlah bahaya mengintai kendaraan pengemudi, salah satunya adalah fenomena Aquaplaning.

Melansir laman Auto2000, Minggu, 22 November 2020, Aquaplaning atau Hydroplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan (traksi) pada permukaan jalan saat melintasi genangan air di permukaan jalan. Kondisi genangan itu bisa tinggi atau rendah, intinya terdapat lapisan yang menjadi pemisah antara ban mobil dengan jalan.

Pada dasarnya, kondisi ban mobil saat sedang berjalan harus menapak pada permukaan jalan karena adanya bobot mobil. Namun perlu diketahui, saat melaju, setiap mobil memiliki bagian kolong yang dialiri angin, hal tersebut yang dapat menimbulkan daya angkat seiring dengan meningkatnya kecepatan mobil.

Di sisi lain, air sendiri mempunyai nilai viskositas (kekentalan) sehingga membutuhkan waktu untuk mengalir atau berpindah tempat meskipun mendapatkan tekanan dari bobot mobil yang sedang melaju.

Sebagian air yang tidak sempat dipindahkan oleh alur telapak ban akan tertahan di bawah ban sehingga membentuk lapisan tipis. Hal itu yang menghambat telapak ban mobil untuk menyentuh permukaan jalan.

Pada situasi seperti ini, ban mobil akan kehilangan traksi dan membuat pengemudi kehilangan kendali sehingga menyebabkan kecelakaan. Pengemudi seringkali tidak waspada lantaran kejadiannya hanya sepersekian detik, layaknya saat anda terpeleset di lantai licin.

Sistem drainase jalan yang tidak optimal dan perbedaan kontur jalan, akan menimbulkan genangan di atas permukaan jalan. Tipisnya lapisan air membuat pengendara tidak sadar akan potensi bahaya sehingga relatif kurang waspada, terlebih saat mobil dipacu kencang.[]

Berita terkait
Memasuki Musim Hujan, Waspada Kaca Mobil Berjamur
Kemunculan jamur pada kaca dapat mengganggu pandangan si pengemudi, khususnya pada malam hari.
Tips Merawat Mobil Tetap Kinclong di Musim Hujan
Menggunakan mobil untuk segala aktivitas pada musim hujan sudah barang pasti mobil kotor. Kondisi seperti itu membuat tampilan mobil jadi dekil.
Cek Fakta: Benarkah Air Hujan Bisa Merusak Lapisan Cat Mobil
Mobil yang terkena hujan memang harus segera dibersihkan, pasalnya akan ada banyak kotoran yang menempel di bagian mobil jika tidak segera dicuci.
0
Berkendara Saat Musim Hujan, Waspada Bahaya Aquaplaning
Saat berkendara di musim hujan, sejumlah bahaya kerap kali mengintai pengendara, salah satunya adalah fenomena Aquaplaning. Berikut Penjelasannya.