Berkarier Solo, V BTS Sukses Mendominasi Chart Musik K-Pop

Kim Tae Hyung atau yang lebih dikenal dengan sebutan V anggota boyband Bangtan Sonyeondan (BTS), mengejutkan industri musik dengan karya-karyanya.
Personel grup boyband BTS, V. (Foto: Big Hit Entertainment)

Jakarta - Setelah memulai kariernya sebagai penyanyi solo, idol Kim Tae Hyung atau yang lebih dikenal dengan sebutan V anggota boyband Bangtan Sonyeondan (BTS), mengejutkan industri musik dengan karya-karyanya.

Ia yang disebut-sebut sebagai salah satu solois Korea paling sukses di tahun 2020 terus merajai tangga lagu di tahun 2021 dengan musiknya, bahkan dengan lagu yang dirilis pada 2019 silam.

Laman Allkpop melaporkan, lagu berjudul Scenery dan Winter Bear yang mendominasi tangga lagu SoundCloud, menobatkan V sebagai solois Korea yang memiliki paling banyak diputar secara digital pada 2019 silam.

Kemudian terus berlanjut hingga rilis tembang solo pertamanya, yakni Sweet Night yang merupakan original soundtrack dari drama Korea Itaewon Class telah membuktikan kemampuannya.

V BTS menempati posisi teratas di 117 negara di seluruh dunia hingga menetapkan rekor baru dalam sejarah musik.

Lagu terbaru miliknya berjudul Snow Flower yang dirilis pada 24 Desember 2020 lalu, kini juga merajai tangga lagu SoundCloud.

Selain karya solo, lagu-lagunya yang merupakan hasil kolaborasi dan diproduseri, seperti Blue & Grey yang awalnya ditulis untuk mixtape juga sukses besar di beberapa platform.

Sesuai dengan tangga lagu yang dirilis oleh halaman Twitter resmi Genius Korea, V memiliki banyak peran di berbagai genre di seluruh platform. Terutama Winter Bear, lagu berbahasa Inggris pertamanya berada di posisi nomor 1 tangga lagu Top K-Ballad, Top K-Solo, dan di nomor 2 Top K-Pop.

Hit jazzy terbarunya, Snow Flower berada di peringkat 2 pada lagu-lagu K-Pop Top. Sementara Blue & Grey yang secara luas dikenal sebagai lagu sampingan BTS paling sukses secara komersial, mendarat di nomor 3 tangga lagu Top K-Ballad.

Selain itu, tembang Sweet Night mempertahankan kekuasaannya sebagai soundtrack Korea paling disukai yang pada akhirnya menjadikan V sebagai Solois Korea Top di beberapa platform.

Banyak penggemar berpendapat bahwa peringkat tinggi untuk lagu Winter Bear yang dirilis pada 2019 silam dikarenakan lagu tersebut diputar di Burj Khalifa saat hari ulang tahun V.

Army (sebutan untuk penggemar BTS) juga menuliskan kegembiraan mereka di twitter saat V mendapatkan penghargaan sebagai penulis lirik lagu. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Alasan Seungmin Cover Lagu Love Again Milik Baekhyun Exo
Seungmin Straykids memberikan alasannya untuk membawakan cover lagu Love Again milik Baekhyun Exo.
Deretan Bintang K-Pop Terlaris di Jepang Sepanjang 2020
Sejumlah bintang K-Pop termasuk Arashi, BTS, hingga Twice, sukses menembus daftar 10 besar artis terlaris di Jepang sepanjang tahun 2020.
Ngaku Jadi Trainee SM Entertainment, Yuchan Bikin Heboh K-Popers
Seorang pria bernama Yuchan sukses membuat heboh para pecinta K-Pop dengan mengaku sebagai trainee di agensi SM Entertainment.
0
Pengamat: Laksamana Yudo Margono Layak jadi Panglima TNI
Pengamat Intelejen Pertahanan dan Keamanan Ngasiman Djoyonegoro mengatakan Yudo Margono layak menjadi Panglima TNI gantikan Hadi Tjahjanto.