Berencana Keluar Negeri? Ini Tips Agar Lolos dari Imigrasi

Bagi sebagian orang imigrasi menjadi suatu momok menakutkan karena dapat menggagalkan liburan yang telah kita rencanakan. Ini tips agar lolos.
Ilustrasi - Wisatawan di bandara. (Foto: Tagar/Pixabay/JoshuaWoroniecki)

Jakarta – Wisata ke negeri lain menjadi cita-cita bagi sebagian besar masyarakat yang ada di dunia. Namun, tahukah kalian sebelum berlibur ke negeri orang kalian harus lulus saat imigrasi di setiap negaranya.

Bagi sebagian orang imigrasi menjadi suatu momok menakutkan karena dapat menggagalkan liburan yang telah kita rencanakan. Imigrasi merupakan pihak yang memang ditugaskan melakukan pengecekan wisatawan terkait apa saja yang akan mereka lakukan.
 
Lantai apa yang harus kalian lakukan ketika berhadapan dengan imigrasi? Berikut adalah tips agar kalian lolos dalam pengecekan imigrasi.


1. Persiapkan syarat-syarat

Mempersiapkan dokumen merupakan hal yang harus kalian lakukan ketika hendak berlibur keluar negeri. Untuk mengunjungi negara lain kalian harus mempersiapkan dokumen seperti paspor dan visa.

Perlu kalian ketahui jika ada sebagian negara yang mewajibkan wisatawan mempunyai tiket pulang  meskipun baru sampai di negara tersebut. Kalian juga sebaiknya mempersiapkan dokumen pribadi yang menjelaskan biodatamu dan sebaiknya memiliki asuransi perjalanan.


2. Tunjukan nominal uang

Selain memeriksa dokumen pihak imigrasi akan memeriksa berapa banyak uang yang kalian bawa. Hal ini bertujuan supaya negara tersebut mengetahui apakah kalian akan bisa bertahan hidup selama kalian berwisata.

Menunjukan rekening banga, kartu kredit, hingga uang cash yang kalian bawa perlu dilakukan untuk meyakinkan pihak imigrasi. Namun jika kalian seorang pegawai kalian bisa membawa tanda pengenal atau surat keterangan yang disetujui atasan.


3. Bicara jujur

Kalian sebaiknya mengatakan kejujuran atas segala pertanyaan yang dilontarkan oleh pihak imigrasi. Pihak imigrasi umumnya telah dilatih untuk membawa ekspresi wajah sehingga akan mencurigai jika kalian terlihat berbohong.

Pihak imigrasi juga akan merekam segala pernyataan yang kalian berikan dan kemudian menyesuaikan latar belakang kalian. Jika kalian ketahuan berbohong atau menutupi sesuatu kalian akan ditolak masuk ke negara tersebut.


4. Menyerahkan dokumen bersamaan

Dengan menyerahkan dokumen secara bersamaan kalian akan lebih mudah lolos imigrasi karena kelengkapan dan kejelasan dokumen.  Hal ini dikarenakan petugas bisa saja meminta kelengkapan dokumen pendukung ketika wawancara dan bisa menyulitkan kalian jika harus mencarinya terlebih dahulu.

Umumnya petugas imigrasi hanya akan melihat dokumen yang menjadi syarat dasar saja dan mengajukan dua pertanyaan meskipun begitu sebaiknya kalian tetap menyerahkan semua dokumen terkait guna kelancaran wawancara imigrasi kalian.


5. Jaga penampilan dan percaya diri

Menjaga penampilan sangatlah kalian perlukan karena petugas imigrasi akan menilai penampilan kalian juga.  Sebaiknya kalian menggunakan pakaian yang rapi dan sopan saat berhadapan dengan pihak imigrasi.

Menjawab pertanyaan dengan percaya diri dan jelas juga kalian perlukan ketika berhadapan dengan imigrasi. Jangan pernah memberikan jawaban yang bertele-tele dan memusingkan petugas imigrasi karena bisa menghambat izin masuk kalian.
 
(Dimas Rafika)


Berita terkait
Kembangkan Desa Wisata, Kemenparekraf-DPP APDESI Siap Berkolaborasi
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyebut bahwa desa wisata dan desa kreatif memiliki peran yang sangat penting bagi kebangkitan ekonomi.
Skywalk Senayan Park, Tempat Wisata Baru yang Instagramable
Skywalk Senayan Park kini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup digandrungi di Jakarta yang berada di seberang kompleks GBK.
7 Deretan Destinasi Wisata yang Hits Sepanjang 2021
Dengan menjalankan protokol yang ketat dan sudah terlaksananya program vaksinasi di Indonesia. Ini destinasi wisata yang hits sepanjang tahun 2021.
0
Berencana Keluar Negeri? Ini Tips Agar Lolos dari Imigrasi
Bagi sebagian orang imigrasi menjadi suatu momok menakutkan karena dapat menggagalkan liburan yang telah kita rencanakan. Ini tips agar lolos.