UNTUK INDONESIA
Beredar di Medsos Aparat Serang Warga di Nduga Papua
Pada sejumlah akun media sosial beredar sebuah informasi yang menyudutkan aparat TNI dan Polri di Kabupaten Nduga, Papua.
Prajurit TNI dan Polri mengikuti upacara apel gabungan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin 14 Oktober 2019. TNI dan Polri bersinergi untuk meningkatkan pengamanan di Wamena. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Jayapura - Pada sejumlah akun media sosial beredar sebuah informasi yang menyudutkan aparat TNI dan Polri, yang disertai sejumlah foto.

Dalam akun Facebook bernama Binarlak Jr, disebutkan bahwa "Info pagi dini hari Rabu 20/11/2019 TNI/Polri menggunakan helikopter dan menyerang Kampung Halguru, Kabupaten Nduga, pada jam 5.00 waktu Papua (WP)".

Informasi di media sosial itu langsung direspons Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Inf J Binsar P Sianipar, Jumat 22 November 2019 di Jayapura, Papua.

Binsar membantah tudingan penyerangan yang dilakukan personel TNI/Polri dengan menggunakan helikopter di Kampung Halguru, Kabupaten Nduga pada Rabu 20 November 2019.

"Saya belum mendapatkan laporan tersebut, hingga kini belum ada," katanya, dikutip dari Antara.

Jadi, biasanya ini dipelintir atau dikaitkan dengan keberadaan anggota di lapangan, seolah-olah bentrok dengan warga

Binsar menyebut, ada personel TNI di Kabupaten Nduga membantu percepatan pembangunan jalan Trans Papua, dalam beberapa tahun terakhir.

"Memang anggota (prajurit TNI,red) kita di sana ada untuk membantu pembangunan jalan Trans Papua," kata dia.

Binsar menyebut, tudingan yang beredar di media sosial sengaja digaungkan kelompok yang tidak ingin pembangunan di wilayah pegunungan tengah Papua, khususnya di Kabupaten Nduga.

"Jadi, biasanya ini dipelintir atau dikaitkan dengan keberadaan anggota di lapangan, seolah-olah bentrok dengan warga. Jadi, ini saya luruskan soal yang ditanyakan, karena rata-rata personel di sana untuk membantu membangun," katanya.[]

Berita terkait
Masyarakat Papua Minta TNI-Polisi Ditarik dari Nduga
Masyarakat Papua yang diwakili oleh Tim Kemanusiaan Kabupaten Nduga, Papua meminta pemerintah menarik pasukan TNI dan Polisi dari Kabupaten Nduga.
Puing Tragedi Nduga: Pulanglah Nak, Bapak Rindu
Rikki Simanjuntak, pemuda asal Tobasa satu korban dalam peristiwa penembakan OPM di Papua, hingga kini belum ditemukan.
Korban KKB Nduga Sertu Yusdin Dimakamkan, Pangdam: Selamat Jalan Pahlawanku!
Disemayamkan di Kecamatan Wara Utara Kota Palopo, Sabtu (9/3).
0
Alasan Bupati Rembang Tak Cabut Status KLB Covid-19
Saat ini, Kabupaten Rembang mencatatkan zero kasus Covid-19 setelah satu warga Desa Waru dinyatakan sembuh.