Beras Analog Aman untuk Penderita Diabetes

Bahan-bahan pokok dari beras analog ini terdiri dari umbi talas dan kulit manggis
Ilustrasi beras. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Program Kretifitas Mahasiswa-Riset (PKM – RE) menciptakan beras analog yang aman bagi penderita diabetes. Proyek PKM ini digarap oleh Rizqi Zidhani Widya Iswara, Dwi Wahyu Lestari, Silvia Feby Rusantiyadi dan Anggita Yumadinda yang tergabung dalam satu kelompok.

Proyek PKM ini bermula dari keprihatinan mereka terhadap Indonesia yang masih menjadi salah satu negara dengan kasus diabetes tertinggi. Dari tahun ke tahun, pravelensi diabetes terus mengalami peningkatan.

"Beras analog yang mirip dengan nasi bisa menjadi pengganti makanan yang cocok bagi pengidap diabetes," kata Ketua Tim, Rizqi Zidhani.

Bahan-bahan pokok dari beras analog ini terdiri dari umbi talas dan kulit manggis. Menurut Rizqi, talas memiliki kandungan serat tinggi sehingga cocok untuk pengidap diabetes.

Kuit manggis juga mengandung antioksidan tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh bagi mereka yang mengonsumsi. Selain itu, kulit manggis juga dapat mencegah radiasi jahat dari luar tubuh

"Talas alas dan kulit manggis sangat baik untuk penderita diabetes. Sekaligus bisa mempercepat penyembuhan yang biasanya menjadi masalah,” ujar Rizki.



Beras analog yang mirip dengan nasi bisa menjadi pengganti makanan yang cocok bagi pengidap diabetes.



Rizqi dan tim telah melakukan riset ini selama 3 bulan, tepatnya sejak Mei hingga Agustus lalu. Pada awal riset, tim telah mempersiapkan riset dan bahan-bahan pokok. Dilanjutkan dengan proses pembuatan beras analog pada Juni hingga Agustus 2021.

Hasil riset ini nantinya akan dituangkan dalam jurnal penelitian. Selanjutnya, hasil penelitian ini juga akan didaftarkan pada Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Kemudian baru dilakukan uji kelayakan pada beras sehingga aman untuk dikonsumsi dan dipasarkan. []


Baca Juga :

Berita terkait
Kulit Salak Bisa Diolah Jadi Permen Antidiabetes
Salacca Soft Candy dikembangkan atas keprihatinan mereka terhadap nasib petani salak yang terdampak pandemi.
Mencegah dan Mengobati Diabetes dengan Jahe
Jahe adalah salah satu tanaman obat terbaik dan efektif yang digunakan dalam pencegahan dan pengobatan diabetes tipe 2.
Waspadai 11 Gejala Diabetes pada Anak dan Remaja
Orang tua harus mewaspadai gejala diabetes pada anak mereka, yang terkadang sulit dideteksi.
0
Beras Analog Aman untuk Penderita Diabetes
Bahan-bahan pokok dari beras analog ini terdiri dari umbi talas dan kulit manggis