Bengkulu Diguncang 414 Kali Gempa Sepanjang 2021

Gempa yang terjadi di Provinsi Bengkulu memiliki kekuatan yang bervariasi.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyebutkan sepanjang Januari hingga akhir Desember 2021 telah terjadi gempa bumi sebanyak 414 kali di Provins Bengkulu.

Kepala BMKG Bengkulu, Klaus Apoho Damanik mengatakan gempa yang terjadi di Provinsi Bengkulu memiliki kekuatan yang bervariasi.

"Kurang lebih 414 kejadian gempa sepanjang tahun 2021," kata Damanik di Bengkulu, Kamis, 30 Desember 2021, dikutip dari Antara.

Kekuatan gempa tersebut ada sebagian masyarakat yang merasakannya dan ada juga gempa yang memiliki kekuatan yang tidak dirasakan oleh masyarakat.

Namun, gempa yang terjadi di Provinsi Bengkulu rata-rata bermagnitudo di bawah 5,0 sehingga gempa yang terjadi tersebut tidak memiliki dampak yang membahayakan masyarakat Bengkulu.

Menurut Damanik, Bengkulu berada di tengah Pulau Sumatera yang berada di 'Ring Of Fire' atau di jalur gempa sehingga memiliki potensi gempa tetap di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

Meskipun Provinsi Bengkulu merupakan wilayah yang sering terjadi gempa, sehingga jika di wilayah Bengkulu tidak terjadi gempa maka masyarakat harus khawatir.

Sebab, Provinsi Bengkulu memiliki potensi gempa yang sangat besar sekali yaitu mencapai sekitar 8,4 skala Richter yang pernah terjadi pada tahun 1844.

"Jika di Bengkulu terjadi gempa masyarakat jangan khawatir, malah dengan adanya gempa lebih bersyukur karena gempa terjadi tidak langsung sekaligus tapi secara perlahan lahan," ujarnya.

Terjadinya gempa dengan kekuatan kecil menyebabkan pelepasan energi di lempeng bumi akan terjadi terus menerus sehingga mengurangi terjadinya gempa besar di Bengkulu. []


Baca Juga


Berita terkait
Gempa Bumi 5,6 Magnitudo Guncang Maluku
BMKG memprediksi gempa kali ini memiliki kemungkinan terjadinya 2 aktivitas gempa susulan atau aftershock.
Gempa Bumi 5,3 Magnitudo Guncang Jember Jawa Timur
Belum diketahui ada atau tidak nya korban jiwa dan kerugian yang disebabkan oleh gempa hari ini.
Gempa Salatiga Dipicu Sesar Merbabu
Hingga pagi ini, pukul 05.00 WIB, belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa yang mengguncang wilayah Salatiga.
0
Margarito Kamis: MK Tak Perlu Pusingkan Gugatan PT Nol Persen
Presidential Threshold ini merupakan open legal policy atau ketentuan dalam sebuah undang-undang merupakan kewenangan pembentuk undang-undang.