UNTUK INDONESIA
Belum 100 Persen, Persik Sudah Sulitkan Persebaya
Pelatih Joko Susilo menyebut Persik Kediri belum 100 persen saat lawan Persebaya di laga pembuka Liga 1 2020. Namun Persik mampu menahan lawan.
Persik Kediri belum tampil 100 persen saat lawan Persebaya di Shopee Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu 29 Februari 2020. Tampak pemain Persik Jefferson De Oliveira (kiri) berebut bola dengan pemain Persebaya Makan Konate di laga yang imbang 1-1 itu. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Surabaya - Pelatih Persik Kediri, Joko Susilo menyebut timnya belum 100 persen saat menghadapi Persebaya di laga pembuka Shopee Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu 29 Februari 2020. Meski demikian Persik sudah mampu menyulitkan salah satu favorit juara di liga musim ini dan memaksa bermain imbang 1-1.

Gethuk, sapaan akrab pelatih Joko Susilo, menilai para pemain Persik belum sepenuhnya fit 100 persen saat melakoni laga pertama. Terutama para pemain asing yang baru bergabung pada pekan lalu. Bahkan Macan Putih hanya mengandalkan 3 asing menyusul dicoretnya striker asal Slovenia Patrik Bordon.

Namun Persik justru mampu mengimbangi Persebaya. Bahkan mereka tidak takut bermain terbuka. Kontras dengan penampilan tim saat berlaga di Piala Gubernur Jatim 2020. Persik tak berdaya dan dipaksa menyerah 3-1.   

Tidak ada kejutan di laga perdana karena pemain asing kami benar-benar tidak fit

Di laga pembuka Liga 1, mereka justru menyulitkan Persebaya. Mereka sempat unggul lewat penalti Gaspar Vega menyusul handball bek Hansamu Yama. 

Hanya keunggulan itu tak bertahan lama. Hansamu tampil sebagai penyelamat. Sundulannya yang meneruskan tendangan bebas Makan Konate sukses menembus gawang Persik. Skor menjadi 1-1 dan bertahan sampai akhir laga. 

Pemain Asing Persik Butuh Penyesuaian

Pelatih Persik mengakui tanpa seorang pemain asing untuk melengkapi kuota yang tersedia, tim menjadi belum sepenuhnya siap di kompetisi. Apalagi 3 pemain asing juga masih butuh penyesuaian. Namun Jefferson de Oliveira dkk tetap berusaha tampil maksimal di laga perdana itu.

"Pemain asing belum 100 persen siap bermain. Kami tidak bisa memaksa karena mereka masih butuh penyesuaian. Saya pun tidak bisa menjamin mereka bermain penuh," kata Gethuk.

Menurut dia dengan kondisi tim yang belum maksimal, Persik gagal memberi kejutan pada pertandingan ini. Padahal Gethuk ingin menunjukkan kekuatan para pemain asing di laga pembuka Liga 1.

"Tidak ada kejutan di laga perdana karena pemain asing kami benar-benar tidak fit," ujar dia.

Meski demikian, hasil tersebut sesungguhnya telah menebalkan keyakinan juara Liga 2 ini mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Menurut dia keberhasilan meraih poin di kandang Persebaya justru merupakan awal yang bagus bagi Persik. 

"Kami belum melihat seperti yang diharapkan. Tapi saya punya keyakinan tim bisa meraih lebih dari itu. Pemain asing juga baru datang. Sedangkan 1 lagi akan bergabung. Kami punya keyakinan Persik lebih bagus lagi," ujar Gethuk.

Setelah melakoni laga tandang, Persik akan menjamu Bhayangkara FC, Jumat 6 Maret 2020. Sebelumnya, Bhayangkara FC juga bermain imbang 0-0 melawan tim promosi Persiraja Banda Aceh. []

Berita terkait
Laga Pembuka Liga 1, Persebaya Ditahan Persik
Persebaya Surabaya gagal menang di laga pembuka Shopee Liga 1 2020 setelah ditahan Persik Kediri 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.
Persebaya Vs Persik, Jangan Remehkan Tim Promosi
Persebaya Surabaya tak meremehkan Persik Kediri dalam laga pembukaan Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu, 29 Februari 2020.
Persebaya Vs Persik, Target Poin di Pembukaan Liga 1
Tanpa striker asing, Persik Kediri menargetkan poin di laga perdana Liga 1 2020 melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.
0
Niat Beli Makanan, Kapal Nelayan Mentawai Terbalik
Kapal terbalik, tiga nelayan yang terapung-apung di perairan Pulau Simakakang, Pulau Sipora, Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai.