Beberapa Manfaat Buah Anggur yang Perlu Anda Tahu

Buah anggur selain segar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya memiliki banyak antioksidan yang menangkal radikal bebas.
Buah Anggur. (Foto: Tagar/Shopee)

Jakarta - Buah anggur selain segar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini terangkum beberapa manfaat penting bagi tubuh kita. Mari disimak!


Mengandung Banyak Antioksidan

Polusi kendaraan, asap rokok, radiasi sinar ultraviolet dapat membuat kadar radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas sehingga rentan mengalami stres oksidasi.

Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sel yang parah dan memicu berbagai penyakit seperti kanker, mata katarak, hingga menurunya fungsi ginjal.

Buah anggur mengandung senyawa polifenol, polifenol atau zat pewarna pada buah anggur ini tinggi kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.


Sumber Kalium

Pada 100 gram buah anggur terdapat sekitar 191 gram zat kalium. Kalium memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Buah ini dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Menurut penelitian orang yang melakukan diet natrium atau garam dapat menurunkan tekanan darah, mencegah kolesterol tinggi, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Tidak hanya sebagai sumber antioksidan tinggi, manfaat buah anggur juga memiliki banyak nutrisi baik untuk tulang seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan vitamin K.

Rutin mengkonsumsi buah anggur setiap hari dapat mencegah osteoporosis dan radang sendi.


Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Selain rasanya yang segar dan enak manfaat anggur sangat banyak sekali. Senyawa resveratrol pada anggur dapat memperlambat proses [penuaan dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menjaga kekenyalan wajah, dan mencegah keriput.


Nutrisi untuk Mata

Peneliti telah melakukan uji coba terkait kandungan dan manfaat buah anggur untuk kesehatan. Hasilnya terbukti senyawa tanaman seperti resveratrol aktif melindungi mata dari sinar ultraviolet A, sehingga menjaga mata tetap sehat sampai usia senja.

Buah yang identik dengan warna ungu ini mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari sinar biru. []


Baca juga

Berita terkait
Buah Lobak dan Gula Jawa, Ramuan untuk Suara Merdu
Buah Lobak dicampur dengan gula adalah ramuan yang dapat membantu suara Anda agar merdu. Cocok untuk yang gemar menyanyi.
Manfaat Tempe yang Perlu Kamu Tahu
Salah satu manfaat mengonsumsi tempe adalah kadar protein yang tinggi sehingga kerap dimanfaatkan untuk membangun otot.
Mengenal Manfaat Alpukat untuk Rambut
Tak hanya bermafaat untuk kesehatan tubuh manusia, tapi alpukat juga bermanfaat kesehatan rambut. Berikut manfaat buah alpukat.
0
Beberapa Manfaat Buah Anggur yang Perlu Anda Tahu
Buah anggur selain segar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya memiliki banyak antioksidan yang menangkal radikal bebas.