UNTUK INDONESIA
Barito Putera Susul Persiraja Pakai Maguwoharjo
Barito Putera menyusul Persiraja Banda Aceh dan Borneo FC yang akan memakai Stadion Maguwoharjo sebagai home base saat mengarungi lanjutan Liga 1.
Barito Putera merencanakan memakai Stadion Maguwoharjo sebagai home base saat mengarungi lanjutan Liga 1 yang dipusatkan di Jawa. Tampak pemain Barito Putera menjalani latihan di lapangan Universitas Negeri Yogyakarta. (Foto: Barito Putera)

Sleman - Barito Putera menyusul Persiraja Banda Aceh dan Borneo FC yang akan memakai Stadion Maguwoharjo sebagai home base saat mengarungi lanjutan Liga 1 2020 yang dipusatkan di Pulau Jawa. Ini menjadikan Maguwoharjo bakal sibuk karena ada 4 klub yang menggunakannya selama kompetisi. 

PSS Sleman sudah pasti bermarkas di Maguwoharjo karena itu kandang mereka. Ada juga Borneo FC dan tim promosi Persiraja yang akan memakai stadion tersebut. 

Terkini, tim tlatah Kalimantan lainnya, Barito Putera, memberi sinyal bakal menjadikan Stadion Maguwoharjo sebagai markas sementara mereka. Hanya klub tersebut memang belum resmi bermarkas di Sleman. 

Sejauh ini memang belum ada pemberitahuan dari Barito Putera. Kami berharap segera mengajukan permohonan secara resmi

"Kalau PSS sudah pasti tetap bermarkas di Maguwoharjo. Lalu Persiraja dan Borneo FC juga sudah resmi mengirimkan surat pemberitahuan serta permohonan menggunakan stadion ini," kata Kepala UPT Stadion Maguwoharjo Sumadi kepada Tagar, Selasa, 8 September 2020.

Terkait dengan Barito Putera, Sumadi menuturkan belum ada pengajuan secara resmi. Dirinya mengetahui Laskar Antasari juga akan memakai Maguwoharjo justru dari media. Dia pun berharap pihak manajemen klub tersebut bisa segera melakukan langkah serupa yang dilakukan tiga klub lainnya.

"Sejauh ini memang belum ada pemberitahuan dari Barito Putera. Kami berharap segera mengajukan permohonan secara resmi. Pasalnya kami harus segera menyusun jadwal. Hanya bila bertambah satu klub tentu jadwalnya akan makin padat," kata dia lagi. 

Dari perhitungan dia serta berdasarkan jadwal kompetisi yang dirilis operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sumadi menyebut setidaknya untuk 3 klub, PSS, Persiraja dan Borneo FC, stadion akan menggelar 9 pertandingan dalam satu bulan. Bila bertambah satu klub lagi, maka penggunaan stadion akan makin padat.

"Itu asumsinya pertandingan liga digelar sore dan malam hari," ucap Sumadi. 

Jadwal Padat, Maguwoharjo Hanya untuk Pertandingan

Dengan padatnya jadwal, lanjut dia, maka selaku pengelola memutuskan Stadion Maguwoharjo dapat dipergunakan sebatas untuk pertandingan semata. Sementara untuk latihan tim tak diperbolehkan.

Lebih lanjut Sumadi menuturkan dalam kurun waktu setiap bulan, pihaknya bakal meminta kepada operator kompetisi untuk memberikan waktu sepekan stadion tersebut tidak digunakan. Hal ini diperlukan untuk perawatan rumput stadion.

Baca juga:

Liga 1 Dihentikan, Barito Putera Liburkan Pemain

Striker PSM Makassar Bantu Barito Putera Raih Poin

"Dalam satu bulan, ada sepekan stadion tak digunakan. Itu untuk memberi waktu recovery minimal 3 hari karena kami harus memupuk, memotong dan menyemprot. Selannjutnya ada 2 hari untuk pemulihan," katanya.  

Terpisah, General Coordinator Barito Putera Lalu Anji Wira Pratama mengatakan pihaknya segera bersurat dengan pengelola Stadion terkait rencana memakai Maguwoharjo Saat ini tim besutan Djajang Nurjaman sudah berada di Yogyakarta untuk melakukan pemusatan latihan. Tim menjalani latihan di kawasan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

"Kami akan segera mengirimkan surat permohonan secara resmi untuk ikut menggunakan Stadion Maguwoharjo," kata Wira. []

Berita terkait
Barito Putera Belum Pasti Bermarkas di Yogyakarta
Barito Putera belum memastikan apakah bermarkas di Yogyakarta saat mengikuti Liga 1. Klub asal Kalimantan ini punya beberapa pilihan home base.
Persiraja dan Borneo FC Belum Izin Pakai Maguwoharjo
Persiraja Banda Aceh dan Borneo FC belum mengajukan izin memakai Stadion Maguwoharjo, Sleman. Ke-2 klub itu ingin ber-home base di Maguwoharjo.
Borneo FC Ingin Berbagi Markas dengan PSS Sleman
Borneo FC mengajukan Stadion Maguwoharjo, Sleman, sebagai stadion kandang pada Liga 1 2020. Ini berarti Borneo FC berbagi markas dengan PSS Sleman.
0
Soal Survey Indikator, DPR: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah
Anis menegaskan bahwa ketidakberhasilan pemerintah mencapai target-target ekonominya menjadi catatan tidak baik terhadap kinerja pemerintah.