UNTUK INDONESIA
Barcelona Vs Real Sociedad, Terima Kasih VAR
Barcelona mendapat bantuan VAR untuk mengalahkan Real Sociedad 1-0 dalam duel La Liga Spanyol. Pelatih pun berterima kasih atas bantuan itu.
Barcelona harus bekerja keras sebelum menaklukkan Real Sociedad 1-0 dalam duel La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu, 8 Maret 2020 dini hari WIB. Gol tunggal Barca dicetak kapten Lionel Messi (kiri) di laga itu. (Foto: marca.com)

Jakarta - Barcelona mendapat bantuan VAR untuk mengalahkan Real Sociedad 1-0 dalam duel La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu, 8 Maret 2020 dini hari WIB. Bahkan pelatih Barca Quique Setien sangat berterima kasih atas bantuan VAR. Dia mengakui teknologi itu mampu membuat perbedaan di pertandingan. 

Tidak hanya pemain, kini teknologi pun sudah bisa membuat perbedaan di pertandingan. Bila VAR tidak 'menunjukkan' bahwa bek Robin Le Normand handball meski dia tidak sengaja melakukannya, maka hasil pertandingan bakal lain. 

Barca kemungkinan hanya mampu meraih satu poin di kandang sendiri. Mereka pun bakal gagal menggeser Real Madrid dari puncak klasemen La Liga. 

Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit. Sociedad tampil percaya diri, terutama setelah memenangkan enam pertandingan terakhir

Namun situasi berubah saat wasit memilih menggunakan VAR untuk melihat insiden di depan gawang Sociedad di menit 77 itu. Setelah meninjaunya, wasit Juan Martinez menunjuk titik putih karena Normand dinyatakan handball

Keputusan itu membuat kubu Sociedad meradang. Apalagi, mereka sudah menunjukkan penampilan terbaik dan mampu menyulitkan Barca. Hanya, wasit tetap pada keputusannya dan kapten Lionel Messi menuntaskan eksekusi penalti di menit 81. 

Kiper Alex Remiro yang tampil gemilang dengan melakukan beberapa penyelamatan gemilang sesungguhnya mampu membaca arah bola Messi. Hanya, dia gagal menjangkau tendangan kapten tim nasional Argentina. Barca unggul 1-0 dan skor itu bertahan sampai akhir laga. 

"Terima kasih VAR," kata Setien kepada Marca saat menanggapi kemenangan yang tak mudah itu. "Terus terang dari bench, saya tidak melihat insiden itu karena terlalu jauh," ujarnya lagi. 

Setien mengakui bila Sociedad benar-benar menyulitkan timnya. Sociedad menunjukkan permainan yang solid. Sukses melaju ke final Copa del Rey setelah menyingkirkan tim dari Divisi Dua Mirandes menjadikan mereka kian percaya diri. 

Sebaliknya, Blaugrana minim kreativitas. Pemain juga bermain kurang sabar dan bernafsu ingin mencetak gol. Repotnya lagi, penonton beberapa kali mencemooh penampilan tim Barca sendiri. 

"Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit. Sociedad tampil percaya diri, terutama setelah memenangkan enam pertandingan terakhir. Termasuk mengalahkan Madrid di Copa de Rey di Santiago Bernabeu," ujar Setien. 

"Penguasaan bola mereka sangat bagus. Bila menekan Anda, mereka bisa menyulitkan Anda. Pasalnya mereka punya pemain yang berkualitas," kata dia lagi. 

Bila Setien puas dengan hasil akhir pertandingan, sebaliknya pelatih Sociedad Imanol Alguacil merasa kecewa. Menurut dia Sociedad layak mendapat satu poin di laga tersebut. 

Di laga itu, Alguacil merombak skuat dengan mengubah komposisi pemain setelah bertanding di Copa del Rey. Meski demikian, tim mampu merepotkan Barca.

"Kami datang dengan semangat besar usai menghadapi Mirandes di Copa. Kami memang hanya beristirahat beberapa hari. Namun pemain dalam kondisi terbaik. Kami juga mampu menunjukkan kemampuan terbaik," kata Alguacil. 

"Sayangnya, kami harus mengalami kekalahan. Kami pantas memetik hasil imbang di laga ini," ujarnya. 

Barca Ciptakan Banyak Peluang Tapi Gagal Cetak Gol

Barca, meski tampil di kandang sendiri, dipaksa bekerja keras di laga tersebut. Tampil menekan dan menciptakan banyak peluang, namun mereka tak pernah sukses mencetak gol. 

Striker anyar Martin Braithwaite sempat membobol gawang lawan. Namun gol pemain asal Denmark ini dianulir karena dia terlanjur dalam posisi offside saat menerima bola dari Jordi Alba 

Demikian pula Messi beberapa kali mendapat peluang. Namun upayanya digagalkan kiper Remiro. Termasuk sepakannya yang memanfaatkan umpan dari Sergio Busquets.

Kebuntuan lini depan Barca akhirnya terpecahkan lewat gol Messi dari titik penalti. Kemenangan itu mengantarkan Barca ke puncak klasemen dengan poin 58. Unggul dua poin dari Madrid yang turun ke peringkat dua. Madrid sendiri baru akan bertanding menghadapi tuan rumah Real Betis, Senin, 9 Maret 2020 dini hari WIB.

Sociedad sendiri gagal menggeser Atletico Madrid. Mereka tertahan di peringkat enam dengan poin 43. []

Berita terkait
Madrid Vs Barcelona, Selebrasi Vinicius ala Ronaldo
Real Madrid kukuhkan dominasinya atas Barcelona di La Liga Spanyol. Madrid menang 2-0 dan pencetak gol Vinicius meniru selebrasi Ronaldo.
Napoli Vs Barcelona, Lolos dari Kekalahan
Barcelona lolos dari kekalahan di laga pertama 16 Besar Liga Champions usai bermain imbang 1-1 lawan Napoli, Rabu, 26 Februari 2020 dini hari WIB.
Barca Tak Terpengaruh Perselisihan Messi dan Abidal
Barcelona dilanda kisruh jelang laga krusial di perempat final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao. Namun konflik itu tak pengaruhi tim.
0
Xiaomi Black Shark 3 Pro Rilis di Eropa Mei 2020
Xiaomi dikabarkan akan meluncurkan smartphone gaming, Xiaomi Black Shark 3 Pro di Eropa pada Mei 2020.