UNTUK INDONESIA
Madrid Vs Barcelona, Selebrasi Vinicius ala Ronaldo
Real Madrid kukuhkan dominasinya atas Barcelona di La Liga Spanyol. Madrid menang 2-0 dan pencetak gol Vinicius meniru selebrasi Ronaldo.
Real Madrid mengalahkan Barcelona 2-0 di pertandinga La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Senin, 2 Maret 2020 dini hari WIB. Tampak striker Madrid Vinicius Junior melepaskan tendangan yang membobol gawang Barca di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Real Madrid mengukuhkan dominasinya atas Barcelona di kompetisi La Liga Spanyol. Di laga el Clasico di Stadion Santiago Bernabeu, Senin, 2 Maret 2020, Madrid menang 2-0 atas rivalnya. Duel besar itu ditandai aksi selebrasi striker Vinicius Junior ala eks bintang Madrid, Cristiano Ronaldo, yang datang ke Bernabeu untuk memberi dukungan kepada Los Blancos

Gol Vinicius yang memecah kebuntuan karena selama lebih dari 60 menit, Madrid kesulitan menembus pertahanan Barca. Gol striker berusia 19 ini tercipta di menit 71.

Saat merayakannya, dia meniru selebrasi asal Ronaldo. Vinicius melompat dan kemudian berdiri tegak seperti yang dilakukan Ronaldo yang datang untuk memberi dukungan kepada Madrid. Ronaldo yang kini bermain di Juventus mencetak 18 gol dari 30 laga el Clasico yang dijalaninya.  

Mariano membuktikan perannya yang tidak kalah penting. Dia masuk dan mencetak gol. Saya senang karena dia jarang bermain

"Saya senang. Dia pantas mendapat apresiasi. Golnya sangat penting saat menghadapi lawan utama," kata pelatih Zinedine Zidane yang memuji gol Vinicius seperti dikutip Marca.

"Saya juga berharap tendangan Isco membuahkan gol. Namun kiper (Marc-Andre ter Stegen) melakukan penyelamatan gemilang," ucapnya. 

Bintang Madrid di el Clasico tidak hanya Vinicius tetapi juga Mariano Diaz, pemain yang lebih sering duduk di bangku cadangan. Pemain depan asal Republik Dominika ini baru pertama kali dimainkan dan langsung mencetak gol yang mengukuhkan kemenangan Los Merengues

"Mariano membuktikan perannya yang tidak kalah penting. Dia masuk dan mencetak gol. Saya senang karena dia jarang bermain. Ini jelas tak mudah bagi dia," ujar Zidane. 

Vinicius dan RonaldoBintang Real Madrid Vinicius Junior (kiri) saat melompat tinggi untuk merayakan gol ke gawang Barcelona dengan meniru selebrasi eks bintang Madrid, Cristiano Ronaldo. Di laga el Clasico di Santiagao Bernabeu, Senin, 2 Maret 2020 dini hari WIB, Madrid menang 2-0. (Foto: standard.co.uk)

Kemenangan krusial atas Barca mengukuhkan dominasi Madrid atas rivalnya musim ini. Madrid tak terkalahkan di el Clasico. Pada pertemuan pertama, Desember 2019, Barca yang masih ditangani Ernesto Valverde gagal menang dan hanya mampu bermain imbang 0-0 di Camp Nou. 

Kemenangan itu juga menjadi kian berarti bagi Madrid karena membawa mereka merebut kembali posisi puncak klasemen. Kini, Madrid mengantongi poin 56. Unggul satu poin dari Barca yang turun ke peringkat dua. 

Persaingan di kompetisi La Liga memang mengerucut pada dua rival bebuyutan itu. Berbeda dengan musim lalu saat Barca terlalu mudah memenangi liga dan Madrid sudah menyerah lebih awal saat Zidane kembali ke Bernabeu untuk menangani tim tersebut. 

Barca Akui Keunggulan Madrid 

Sementara, pelatih Barca Quique Setien mengaku keunggulan Madrid. Menurut dia tim kesulitan keluar dari tekanan yang dilakukan tuan rumah

"Kadang Anda kalah di pertandingan dan itu hal yang normal," kata Setien. 

"Mereka bermain bagus dan mampu menekan kami," ujarnya lagi. 

Real Madrid vs BarcelonaBintang Barcelona Lionel Messi (kedua dari kanan) dikepung pemain Real Madrid dalam el Clasico di La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Senin, 2 Maret 2020 dini hari WIB. Madrid menang 2-0 di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Meski demikian, Barca sesungguhnya memberi perlawanan sehingga pertandingan berjalan ketat Kedua tim menampilkan permainan cepat dan diwarnai adu fisik. 

Madrid sudah mengancam gawang Ter Stegen saat laga baru berjalan tujuh menit. Hanya tendangan striker Karim Benzema masih melambung. Demikian pula peluang Toni Kroos saat mendapat umpan dari Vinicius. Tendangan gelandang asal Jerman ini juga melewati mistar gawang. 

Barca mulai bangkit di paruh kedua babak pertama. Kolaborasi kapten Lionel Messi dan Antoine Griezmann beberapa kali mengancam pertahanan tuan rumah. 

Di menit 21, kerjasama apik Messi dan Jordi Alba berakhir dengan sepakan Griezmann. Hanya, upaya striker tim nasional Prancis ini tak membuahkan hasil.

Selanjutnya, giliran Messi yang menyambut umpan Griezmann di menit 30. Lagi-lagi, peluang itu gagal karena sepakan Messi bisa digagalkan kiper Thibaut Courtois.  Skor 0-0 bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Madrid menguasai jalannya pertandingan. Mereka mendapat peluang bagus saat Isco melepaskan tendangan dari luar kotak penalti di menit 55. Hanya, sepakan itu bisa ditepis secara gemilang oleh Ter Stegen. 

Usaha keras Madrid akhirnya membuahkan hasil setelah peluang kedua Isco dan Benzema kembali gagal. Tendangan keras Vinicius yang menerima umpan dari Kroos menggetarkan gawang Blaugrana. Bola itu sempat membentur bek Gerard Pique sehingga gagal diantisipasi Ter Stegen. 

Madrid mengukuhkan kemenangan menjelang pertandingan berakhir. Gol dihasilkan Mariano Diaz yang masuk menggantikan Benzema. Mantan pemain Lyon ini membobol gawang Barca setelah menyambut umpan Carvajal di menit 90+3. Skor berubah 2-0 untuk Madrid dan bertahan sampai akhir laga. []

Berita terkait
Liga Spanyol, Barcelona Berpeluang Geser Real Madrid
Barcelona berpeluang salip Real Madrid dari puncak klasemen La Liga lantaran mereka main lebih awal Liga Spanyol pekan ke-26
Madrid Vs Sevilla, Kian Matang Tanpa Bintang
Real Madrid tanpa diperkuat pemain bintang menaklukkan Sevilla 2-1. Kemenangan ini menunjukkan Madrid kian matang tanpa pemain bintang.
Lionel Messi Tepis Rumor Hengkang dari Barcelona
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, menepis rumor yang mengatakan dia akan hengkang dari Barcelona. Messi sebut Barcelona adalah rumahnya
0
Xiaomi Bantah Laporan Forbes Atas Pencurian Data
Xiaomi membantah laporan Forbes yang menyatakan secara diam-diam mengambil data pengguna dari peramban atau browser bawaan ponsel.