UNTUK INDONESIA
Napoli Vs Barcelona, Lolos dari Kekalahan
Barcelona lolos dari kekalahan di laga pertama 16 Besar Liga Champions usai bermain imbang 1-1 lawan Napoli, Rabu, 26 Februari 2020 dini hari WIB.
Barcelona lolos dari kekalahan di laga pertama 16 Besar Liga Champions usai bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Napoli di Stadion San Paolo, Rabu, 26 Februari 2020 dini hari WIB. Tampak striker Barca Antoine Griezmann merayakan gol yang menyamakan kedudukan. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Barcelona lolos dari kekalahan di laga pertama 16 Besar Liga Champions. Dalam duel di Stadion San Paolo, Naples, Rabu, 26 Februari 2020 dini hari WIB, Barca bermain imbang 1-1 melawan Napoli. Hasil itu memberi keuntungan bagi Barca untuk lolos ke perempat final. 

Barca harus bekerja keras menghadapi perlawanan ngotot Napoli. Tanpa Luis Suarez dan Ousmane Dembele, pelatih Quique Setien tak menurunkan tiga pemain depan di laga tersebut. 

Tim tamu mengandalkan Lione Messi dan Antoine Griezmann di lini depan. Sedangkan gelandang Frenkie de Jong bermain di belakang mereka. 

Hasil yang mengecewakan karena kami bermain bagus. Kami seharusnya meraih hasil lebih baik di hadapan pendukung sendiri

Sementara, Napoli yang mulai menunjukkan konsistensinya di kompetisi domestik berharap pada duet Dries Mertens dan Lorenzo Insigne. Napoli memang tampil percaya diri karena meraih dua kemenangan berturut-turut di kompetisi Serie A Italia

Barca Kuasai Permainan

Meski tampil di kandang sendiri, Napoli kesulitan menghadapi Barca yang sepenuhnya menguasai permainan. Sejak menit pertama, Blaugrana yang bermain dengan tempo lambat sudah menunjukkan dominasinya. 

Hanya serangan mereka tak membuahkan hasil. Sementara, Napoli mencoba merusak penguasaan bola Barca dengan bermain cepat. Hasilnya, Napoli sempat dua kali mengancam kiper Marc-Andre ter Stegen. 

Napoli vs BarcelonaStriker Napoli Dries Mertens (kiri) saat melepaskan tendangan yang membobol gawang Barcelona di pertandingan pertama 16 Besar Liga Champions di Stadion San Paolo, Rabu, 26 Februari 2020 dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Selanjutnya, giliran Messi yang mengancam gawang Napoli. Namun tendangan kapten tim nasional Argentina ini masih melambung. 

Tim La Liga Spanyol ini sepenuhnya mengendalikan permainan. Bahkan penguasaan bola mereka mencapai 64 persen dan Napoli hanya 36 persen. 

Meski demikian, tuan rumah justru berhasil unggul lebih dulu melalui Mertens di menit 30. Gol tidak terlepas dari kesalahan bek Junior Firpo yang kehilangan bola karena bisa direbut Piotr Zielienski. 

Pemain asal Polandia kemudian menyodorkan bola kepada Mertens yang melepaskan tendangan yang mengecoh kiper Ter Stegen. Meski sempat mengenai bek Gerard Pique, bola tetap meluncur ke gawang Barca. 

Unggul 1-0, Napoli kemudian memperkuat pertahanan. Strategi yang diterapkan pelatih Gennaro Gattuso membuat pemain Barca frustrasi. Upaya mereka menyamakan skor tak kunjung membuahkan hasil sehingga skor itu bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak kedua, Barca tetap menguasai permainan. Sebaliknya, Napoli memilih mengandalkan serangan balik. 

Serangan bergelombang Barca akhirnya membuahkan hasil di menit 57. Griezmann menyelamatkan tim dari kekalahan setelah membobol gawang lawan dengan menyelesaikan umpan dari Nelson Semedo. 

Saat skor menjadi 1-1, Napoli mulai berinisiatif menyerang Barca. Hanya serangan mereka selalu gagal. 

Bahkan saat Barca harus bermain dengan 10 orang menyusul dikartumerahnya gelandang Arturo Vidal di menit 89, Napoli tetap gagal memanfaatkan keuntungan jumlah pemain. Pemain asal Chile ini diusir wasit Felix Brych setelah mendapat dua kartu kuning. Dirinya pelanggaran terhadap Mario Rui dan kemudian menunjukkan reaksi negatif terhadap putusan wasit. 

Situasi itu tak memberi keuntungan bagi Napoli. Mereka gagal menambah gol dan pertandingan berakhir imbang 1-1. 

Kegagalan menang di kandang sendiri memang agak mengecewakan Insigne. Menurut dia timnya memiliki banyak peluang mencetak gol ketimbang Barca. 

"Hasil yang mengecewakan karena kami bermain bagus. Kami seharusnya meraih hasil lebih baik di hadapan pendukung sendiri. Apalagi, kami memiliki lebih banyak peluang," kata Insigne. 

"Ini juga pertandingan yang emosional karena untuk kali pertama kami menghadapi Barca dan Messi," ujarnya.

Hasil imbang itu sedikit menguntungkan Barca karena mereka hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk menyingkirkan Napoli pada laga kedua di kandang sendiri Camp Nou, Kamis, 19 Maret 2020 dini hari WIB. Namun Barca harus kehilangan Pique dan Vidal karena suspended

Sebaliknya, Napoi bakal bekerja ekstrakeras karena harus mencetak gol untuk lolos ke perempat final. Mereka harus menang atau minimal memaksakan imbang 2-2 di kandang Barca. Meski demikian, Insigne optimistis melakukannya. 

"Kami harus fokus saat bermain di sana. Kami harus menunjukan permainan terbaik untuk lolos ke babak berikutnya. Kini, kami fokus di kompetisi Serie A dan tetap berusaha bermain bagus," ucapnya memungkasi. []

Berita terkait
Diego Maradona Dukung Napoli Ketimbang Barcelona
Napoli didukung legenda Argentina Diego Maradona saat melawan Barcelona di laga pertama 16 Besar Liga Champions pukul 03.00 dini hari WIB nanti.
Liga Champions Malam Ini Napoli vs Barcelona
Malam ini pembuktian kemampuan pelatih baru Barcelona, Quique Setien, ketika Barca bertamu ke kandang Napoli, Italia, dalam lanjutan Liga Champions
Inter Vs Napoli, Kalah Conte Sindir Gattuso
Inter Milan kalah 0-1 saat menjamu Napoli di semifinal pertama Coppa Italia. Buntutnya pelatih Antonio Conte sindir pelatih Gennaro Gattuso.
0
Gara-Gara Han So Hee, Kata Pelakor Go International
Kata Pelakor tembus ke dunia internasional setelah komentar bernada negatif dari netizen Indonesia kepada aktris drama Korea Selatan Han So Hee.