Jakarta - Bek Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt gagal mengikuti jejak rekannya Frenkie De Jong bergabung dengan Barcelona. De Ligt dan Barca tidak mencapai kesepakatan terkait status kapten Ajax itu di tim.

Kesepakatan gagal dicapai setelah De Ligt bertemu Presiden Barca Josep Bartomeu dan Direktur Olahraga Eric Abidal. Menurut Mundo Deportivo, De Ligt merasa tidak yakin dengan rancangan Barca terkait dirinya. Barca disebut-sebut tak bisa memberi jaminan bila pemain berusia 19 ini akan langsung menjadi pilihan pertama di tim.

Ini menjadikan De Ligt tidak segera menyetujui tawaran Barca. Dirinya justru membuka tawaran dari klub lain. Pasalnya, Juventus, Manchester United dan Real Madrid juga tertarik mendatangkan De Ligt.

"Ini belum saatnya membahasa masa depan saya," kata De Ligt usai membawa Ajax meraih gelar juara Eredivisie Belanda dengan mengalahkan De Graafschap 4-1.

"Saya belum pasti apakah akan bergabung dengan de Jong di Barcelona atau tidak. Saya masih mempelajari semua tawaran yang diajukan," ujarnya seperti dilansir Football Oranje.

"Kita lihat saat bagaimana perkembangannya dan di mana saya akan bergabung. Untuk saat ini belum ada kesepakatan apa pun," kata De Ligt lagi.

Sosok De Ligt mencuat saat Ajax menembus semifinal Liga Champions. Dirinya langsung menjadi buruan klub-klub besar menyusul penampilan gemilang mereka saat menyingkirkan Madrid dan Juve. 

Namun mereka gagal di semifinal setelah disingkirkan Tottenham Hostpur. Meski demikian, Ajax meraih sukses di kompetisi domestik. Mereka meraih gelar ganda dengan memenangi liga dan Piala KNVB. []

Baca juga: