Indonesia
Juara Eredivisie, Ajax Amsterdam Raih Gelar Ganda
Ajax Amsterdam tampil sebagai juara Eredivisie Belanda setelah mengalahkan De Graafschap 4-1 di Stadion De Vijverberg.
Ajax Amsterdam tampil sebagai juara Eredivisie Belanda setelah mengalahkan De Graafschap 4-1 di pertandingan terakhir liga di Stadion De Vijverberg, Kamis 16 Mei 2019 dini hari WIB. Ajax meraih titel liga untuk ke-34 kalinya. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Ajax Amsterdam sukses meraih gelar ganda musim 2019. Ajax meraih gelar kedua setelah memenangi Eredivisie Belanda. Raksasa Belanda ini tampil sebagai juara setelah mengalahkan De Graafschap 4-1 dalam laga terakhir liga di Stadion De Vijverberg, Kamis 16 Mei 2019 dini hari WIB. 

Ajax memperpanjang rekor sebagai tim yang paling banyak menjadi juara liga setelah memenangi 34 trofi. Disusul rival bebuyutan PSV Eindhoven yang sudah 24 kali mengangkat trofi Eredivisie. 

Namun Ajax harus menunggu lima tahun untuk kembali menjadi juara. Mereka terakhir kali menjadi jawara Eredivisie pada 2014 saat ditangani Frank de Boer. 

Di Piala KNVB atau Piala Belanda, Ajax menjadi juara setelah mengalahkan Willem II 4-0. Sukses itu mengantarkan Ajax 19 kali menjadi juara sekaligus mencatat rekor paling banyak memenanginya. 

Saya bangga kepada tim ini. Tak ada yang lebih baik selain memenangi gelar ganda

Di kompetisi musim ini, Ajax sempat bersaing ketat dengan PSV yang berstatus juara bertahan. Bahkan kedua tim sempat sama-sama mengantungi poin 80 dan Ajax unggul selisih gol sehingga bisa bertengger di puncak klasemen. 

Namun saat memasuki pekan krusial, Ajax menang 4-1 atas Utrecht. Sedangkan PSV secara mengejutkan dikalahkan AZ Alkmaar 1-0. Hasil itu memuluskan Ajax meraih trofi karena mereka hanya butuh imbang di laga pamungkas. 

Di laga melawan De Graafschap, kemenangan Ajax diawali oleh gol Lasse Schone menit 37. Meski berhasil disamakan tuan rumah hanya dalam tempo tiga menit melalui Youseff El Jebli, namun Ajax tetap tenang. 

Terbukti, Ajax kembali unggul 2-1 saat Nicolas Tagliafico mencetak gol menjelang akhir babak pertama. Selanjutnya  Dusan Tadic memborong dua gol menit 67 dan 87 yang menjadikan Ajax menang 4-1. 

"Ini laga yang luar biasa. Penampilan anak-anak memang super. Kami menjalani musim yang luar biasa. Saya bangga kepada tim ini. Tak ada yang lebih baik selain memenangi gelar ganda," kata pelatih Erik ten Hag kepada Fox Sports. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Upacara Adat Bakar Batu, Solusi Untuk Damai di Papua
Penyanyi Edo Kondologit menyarankan kepada pemimpin daerah Papua Barat, Papua, dan Jawa Timur untuk menggelar pertemuan adat Bakar Batu.