UNTUK INDONESIA
Bara JP: Ekonomi Sedang Rumit, Peran BUMN Sangat Penting
Di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19, peran BUMN sangat penting sebagai katalisator dan integrator untuk pertumbuhan ekonomi.
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 2 Juli 2020. Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Jakarta - Jakarta - Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Viktor S. Sirait, mengatakan di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19, peran perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangat penting sebagai katalisator dan integrator untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena itu, ia berharap, BUMN jangan diganggu terutama hal-hal yang berbau politik.

"Di tengah situasi krisis peran BUMN saat ini menjadi vital untuk menjaga supply chain (rantai pasokan), serta sebagai system integrator karena berada di semua sektor industri dan ekonomi masyarakat. Kita berikan kesempatan kepada mereka agar bisa bekerja dengan baik. Jangan diganggu apalagi dalam kaitan politik yang menghabiskan energi yang tak perlu," ujarnya.

Ia memahami beberapa yang menjadi perdebatan terkait kebijakan yang diambil kementerian BUMN, banyak masukan dan kritikan. "Namun kami berharap masukan dan kritikan tersebut terukur tidak mengganggu konsentrasi kita dalam menghadapi masa sulit khususnya bidang ekonomi saat ini," katanya.

Ia menambahkan Presiden Jokowi juga telah mengingatkan beberapa hal, seperti pembangunan infrastruktur harus segera digerakkan karena itu akan sangat memberikan efek pergerakan ekonomi di masyarakat.dan ini diperankan oleh BUMN karya.Menurutnya, saat ini kita sedang menghadapi persoalan yang cukup rumit dalam hal ekonomi dan mungkin akan semakin sulit ke depan.
"Untuk itu pemerintah, Kementerian BUMN sebagai salah satu kementerian yang strategis, masyarakat harus fokus, kreatif, bekerja keras, dan saling mendukung dalam masa-masa sulit seperti ini," katanya.

Ia menambahkan Presiden Jokowi juga telah mengingatkan beberapa hal, seperti pembangunan infrastruktur harus segera digerakkan karena itu akan sangat memberikan efek pergerakan ekonomi di masyarakat.dan ini diperankan oleh BUMN karya.

"Bahkan bank-bank BUMN juga memiliki peran besar dalam menyelamatkan perekonomian nasional dengan melakukan relaksasi atau rekstrukturisasi kredit bagi UMKN," katanya.

Ia juga berharap, BUMN bidang kesehatan juga ikut mengatasi soal harga rapit test atau PCR test yang bagi kmi masih cukup mahal bisa dicarikan solusi terbaik.

Demikian jg lini bisnis lainya, korposari BUMN supaya bisa mengambil peran yang baik ke depan, misalnya bidang pangan yang juga sangat strategis, demikian juga bidang lainnya.

"Sekali lagi kami menggarisbawahi, kita menghadapi persoalan ekonomi yang rumit. Kita mengharapkan Kementerian BUMN melakukan langkah strategis sesuai dengan arahan Pak Jokowi, dan biarkan mereka bekerja dengan baik tanpa gangguan," ujarnya. []

Berita terkait
Hikmahanto Juwana: Rangkap Jabatan BUMN Tak Langgar Aturan
Tak ada masalah dengan rangkap jabatan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tidak ada juga aturan hukum yang dilanggar.
Holding RS BUMN, Erick: Biar Berobat di Negeri Sendiri
Menteri BUMN Erick Thohir kembali melakukan aksi korporasi, yakni penggabungan (holding) rumah sakit BUMN tahap kedua.
BUMN, Utang, dan Siasat Menjaga Kinerja Keuangan
Kinerja keuangan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berada dalam kondisi yang cukup mengkhawatirkan, terlebih dalam situasi pandemi
0
Libur dan Cuti Bersama, Tempat Wisata Dibatasi 50 Persen
Pemerintah mengeluarkan aturan yang membatasi kunjungan ke tempat wisata sampai dengan 50 persen.