UNTUK INDONESIA
Bara JP Banten Salurkan Beras Bagi Warga Tak Terdata BLT
DPC Bara JP Kabupaten Tangerang menyalurkan sembako untuk warga yang terdampak Covid-19, khususnya bagi warga yang tidak terdata BLT.
Ketua Bara JP Provinsi Banten, Walman Siagian memberikan langsung bantuan sembako di Desa Bojong, Kecamatan Cikupa. (Foto: Tagar/Mauladi Fachrian).

Tangerang - Barisan Relawan Jalan Perubahan/Jokowi Presiden (Bara-JP) terjun langsung menyapa masyarakat Kabupaten Tangerang yang tidak terdata dalam penerimaan Jaring Pengaman Sosial (JPS) sekaligus membagikan sembako berupa beras 5 kg.

Kami melakukan tambal-sulam sebagai upaya untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan.

Ketua Bara JP Provinsi Banten, Walman Siagian, mengatakan gerakan relawan Jokowi didasari karena masih banyak warga terdampak Covid-19 yang tidak terdata sebagai penerima bantuan. Akhirnya, relawan melakukan pendataan guna mendapatkan bantuan di luar dari pemerintah.

"Saya terima laporan dari sejumlah kader bahwa masih banyak warga yang belum terdata oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sebagai penerima Bantuan Covid-19. Untuk itu, kami melakukan tambal-sulam sebagai upaya untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan," ucap Walman kepada Tagar di Desa Bojong, Kecamatan Cikupa, 3 Mei 2020.

Bantuan sembako tersebut, kata Walman, disalurkan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Bara JP yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Nur Abdul Soleh. Menurut dia, bantuan logistik akan disalurkan untuk lima Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang, yakni Kecamatan Tigaraksa, Cikupa, Jayanti, Panongan, dan Legok.

"Sementara kami salurkan di kecamatan itu dulu, sesuai laporan dari para kader kami di tingkat kecamatan. Untuk Kecamatan Panongan sudah kami antarkan kemarin malam," ujar Abdul Soleh.

Bara JPWarga Kecamatan Panongan yang menerima langsung bantuan sembako dari Bara JP peduli. (Foto: Tagar/Mauladi Fachrian)

Salah satu kader Bara JP di Desa Bojong, Kecamatan Cikupa, Iwan mengatakan, sembako akan langsung diantarkan ke rumah warga terdampak Covid-19 yang tidak terdata sebagai penerima bantuan.

Selain itu, kata iwan, akan ditambahkan gula pasir dan terigu untuk melengkapi paket sembako dari Bara JP peduli. "Kebetulan saya ada warung, jadi bisa ngasih tambahan buat warga walaupun enggak banyak tapi mudah-mudahan ini memang dibutuhkan," ucap iwan.

Salah seorang penerima bantuan mengaku senang dengan datangnya sembako dari Bara JP peduli. Sebelumnya, ia sempat didatangi dan ditanya mengenai pendataan penerima bantuan. Lalu dengan lugas menjawab belum pernah didata oleh siapa pun.

"Kemarin saya didatangi bang iwan ditanya soal pendataan, saya ga tau, ga pernah ada yang data. Tadi saya di panggil lagi dan disuruh ambil sembako ini sama Bang Iwan. Allhamdulillah," ucapnya.

Untuk informasi, bantuan beras 5 kg yang disalurkan oleh DPC Bara JP Kabupaten Tangerang berasal dari pengurus di tingkat pusat, yakni Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Aksi sosial ini juga dilakukan serentak secara nasional untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. []

Berita terkait
Bara JP: Agar Penyaluran Bantuan Sosial Tepat Sasaran
Agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran dalam situasi darurat Covid-19, pemerintah secara efektif bisa menggandeng barisan relawan. Bara JP.
Bara JP Bagikan 125 Paket Sembako kepada Kaum Duafa
DPC Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Salatiga menyambut Ramadan dengan berbagi 125 paket sembako kepada pemulung, anak yatim, korban PHK.
Bara JP Australia Kirim Alat Kesehatan ke Puskesmas
Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Australia mengirimkan alat pelindung diri atau APD dan vitamin ke Puskesmas Pondok Pinang, Jakarta.
0
Bara JP Banten Salurkan Beras Bagi Warga Tak Terdata BLT
DPC Bara JP Kabupaten Tangerang menyalurkan sembako untuk warga yang terdampak Covid-19, khususnya bagi warga yang tidak terdata BLT.