Jakarta - Terdapat banyak cara bisnis online tanpa modal besar yang dikeluarkan untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda sajikan, baik barang atau jasa semuanya bisa dipasarkan secara online.
Nah, bisnis online merupakan sebuah cara seseorang melakukan promosi atau menawarkan barang atau jasa yang dilakukan secara online melalui internet.
Pengertian bisnis online secara mudah adalah memasarkan produk secara online untuk berkomunikasi atau bahkan bertransaksi antara penjual dan pembeli.
Cara bisnis online untuk memasarkan produk agar cepat laris tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. Anda bisa memulainya dengan tiga media dasar, sebagai berikut.
1. Membuat Google Bisnisku
Google Bisnisku sendiri merupakan layanan berbasis internet untuk para pelaku usaha untuk menampilkan informasi usahanya di internet khususnya Google. Google Bisnisku diluncurkan oleh Google pada bulan Juni tahun 2014.
Dengan Google Bisnisku Anda juga bisa memenangkan persaingan di hasil pencarian lokal. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat jika mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku.
- Menyediakan informasi valid untuk pelanggan. Google Bisnisku akan melakukan verifikasi terhadap semua orang yang mendaftarkan bisnisnya dan hanya akan meloloskan pemilik yang valid.
- Mendapatkan review atau testimoni dari pelanggan. Dengan platform ini Anda bisa mendapatkan review atau testimoni dari pelanggan yang sudah membeli produk Anda. Dengan begitu kredibilitas bisnis Anda akan meningkat.
- Bisnis akan muncul di penelusuran Google Maps. Jika terdaftar di Google Bisnisku maka secara otomatis bisnis Anda akan muncul di penelusuran Google Maps, dengan begitu para calon konsumen akan lebih mudah menemukan bisnis Anda.
2. Membuat Website
Website merupakan media paling penting untuk bisnis online, karena website sendiri memiliki segudang manfaat, antara lain sebagai berikut.
Pertama, meningkatkan Kredibilitas Bisnis, salah satu kunci sukses bisnis online adalah mendapatkan banyak kepercayaan dari pelanggan.
Para pelanggan sangat perlu diyakini bahwa usaha yang Anda jalankan benar nyata. Karena menurut studi Verisign, sebanyak 84 persen pelanggan lebih percaya kepada bisnis yang sudah mempunyai website resmi. Karena dengan website resmi akan membuat konsumen akan lebih aman untuk melakukan transaksi.
- Baca Juga: Dijamin Cepat Kaya! Ikuti Cara Bisnis Sukses Ala Orang China
- Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kreativitas dalam Bisnis
Kedua, bisnis akan lebih mudah ditemukan di Google, bisnis online paling baik adalah jika mudah ditemukan di Google. Mengapa? karena sekitar 81 persen calon konsumen akan melakukan riset di Google terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa. Agar mudah ditemukan, maka hal yang paling pertama dilakukan adalah memiliki website.
3. Membuat Media Sosial
Cara bisnis online paling mudah dan murah adalah dengan membuat sosial media. Media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, LINE, Twitter atau bahkan TikTok. Anda pasti pernah setidaknya menemukan akun online shop yang berjualan di salah satu media sosial tersebut.
Namun sebelum menentukan media sosial mana yang paling cocok untuk digunakan, ada baiknya Anda mengetahui teknik Bullseye. Bullseye merupakan teknik yang dibuat untuk menentukan media sosial yang paling efektif untuk sebuah bisnis atau perusahaan yang baru merintis (Startup).
- Baca Juga: 4 Cara Efektif untuk Memulai Bisnis Online
Cara menentukan media sosial yang paling efektif untuk bisnis adalah dengan teknik Bullseye, begini caranya.
- Brainstorming: yaitu dengan membuat daftar semua media sosial yang mungkin digunakan dan jangan lupa untuk tulis ide-ide yang bisa diaplikasikan nantinya.
- Rank: selanjutnya mengelompokkan semua media sosial sebelumnya menjadi tiga kategori, yaitu Inner Circle, Potential dan Long Shot.
- Prioritize: Fokus kepada Inner Circle saja dan selanjutnya harus ada tiga media sosial di kategori Inner circle, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang.
- Test: Selanjutnya silahkan lakukan uji coba ide-ide pada media sosial di kategori Inner Circle secara bersamaan.
- Focus On: Tahap tes akan menunjukkan media sosial yang paling efektif untuk bisnis. Terakhir Anda tinggal memaksimalkan pemasaran di media sosial tersebut. []