UNTUK INDONESIA

Bank Indonesia Ajak Milenial Mencintai Kain Nusantara

Bank Indonesia mengajak generasi milenial mencintai kain nusantara sebagai kebanggan dan identitas nasional.
Bank Indonesia mengajak generasi milenial mencintai kain nusantara sebagai kebanggan dan identitas nasional. (Foto: Tagar|bi.go.id|Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti).

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengajak generasi milenial mencintai wastra atau kain nusantara sebagai kebanggaan dan identitas nasional (local pride & identity). Milenial yang mencintai produk dalam negeri menjadi potensi pasar yang besar bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. 

Untuk meningkatkan nilai tambah wastra atau kain nusantara karya UMKM, BI berkolaborasi dengan desainer nasional agar sesuai dengan selera pasar, khususnya generasi milenial. Kerja sama ini juga diharapkan mampu menjadi sarana promosi kepada para pecinta wastra dan masyarakat luas, sekaligus memasarkan produk UMKM secara internasional melalui peragaan busana yang diikuti oleh para desainer. 

Hal itu disampaikan Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, dalam Pagelaran Karya Kreatif “Wastra Nusantara Balut Milenial Bergaya”, pada Minggu, 22 November 2020, sebagai rangkaian dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III. Digelar secara virtual, Pagelaran Karya Kreatif menampilkan busana karya desainer Didiet Maulana yang mengolah kain Tenun Tanimbar karya UMKM Kelompok Rasalsam binaan BI Provinsi Maluku, dan Ayu Dyah Andari yang mengolah kain Tenun Lurik karya UMKM Tugu Mas binaan BI Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Destry, BI juga bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga melakukan pembinaan UMKM dari sisi produksi, pemasaran, dan peningkatan kapasitas keuangan, serta melakukan kegiatan kurasi bekerjasama dengan kurator internasional. Pagelaran Karya Kreatif Indonesia merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan akses pasar karya kreatif UMKM Binaan BI di seluruh Indonesia. 

"Hal ini dilakukan sebagai bagian dari pengembangan UMKM yang dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir," kata Destry dalam keterangan tertulis.

Mengusung tema “UMKM Sahabat Milenial”, pameran KKI Seri III berlangsung pada 20-22 November 2020 dan merupakan seri terakhir yang menutup seluruh rangkaian kegiatan. Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk mengunjungi pameran KKI 2020 secara virtual pada website KKI yaitu www.karyakreatifindonesia.co.id melalui fitur platform yang telah dibuka sejak 20 November hingga 22 November 2020. 

Setelah 22 November 2020, dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, bank sentral  tetap menyediakan menu e-katalog pada website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id. []

Berita terkait
Kata Bank Indonesia DIY soal Uang Palsu di Kulon Progo
Sugiyati, warga Purworejo ditetapkan Polres Kulon Progo sebagai tersangka pengedar uang palsu. Berikut kata BI DIY soal uang palsu tersebut.
Nilai Positif dan Negatif Restrukturisasi Kredit Perbankan
Restrukturisasi kredit terhadap debitur dinilai memiliki nilai positif baik bagi perbankan maupun UMKM.
Restrukturisasi Bank, Potensi Tingkatkan Kredit Bermasalah
Restrukturisasi terhadap debitur yang terkena dampak pandemi Covid-19 dinilai bisa meningkatkan kredit bermasalah (non performing loan- NPL).
0
Bank Indonesia Ajak Milenial Mencintai Kain Nusantara
Bank Indonesia mengajak generasi milenial mencintai kain nusantara sebagai kebanggan dan identitas nasional.