Waskita Karya

Bank BUMN Batalkan Tarif Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso mengatakan keputusan tersebut dibatalkan. Cak Saldo dan tarik tunai tetap gratis.
Ilustrasi (Foto: Tagar/Pexels/Monstera)

Jakarta - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso mengatakan, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memutuskan untuk membatalkan rencana penarikan biaya pada perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kami berempat (Bank Himbara) bersepakat tidak akan mengenakan biaya itu," ujar Sunarso dalam rapat dengar pendapat di Komisi VI, Senin, 14 Juni 2021.

Menurut Sunarso, sebenarnya penarikan tarif pada ATM semua bank. Namun, hanya ATM Link Himbara yang tidak mengenakan penarikan biaya cek saldo dan tarik tunai selama dari mulai diperkenalkan hingga saat ini.



Kami berempat (Bank Himbara) bersepakat tidak akan mengenakan biaya itu.


"Rasanya polemiknya lebih seru daripada manfaat yang diperoleh, bank tadinya mau meng-educate orang supaya lebih ke mobile banking," katanya.

Seperti diketahui, awalnya rencana pemberlakuan tarif untuk cek saldo maupun tarik tunai di jaringan ATM Link akan berlaku mulai 1 Juni 2021.

Selain itu dalam rencana kenaikan itu, khusus cek saldo bagi penerima bansos juga tidak dikenakan biaya. Besaran pengenaan tarif sebelumnya sudah dirinci. Seperti biaya untuk cek saldo di ATM Link bank yang berbeda dengan nasabah akan dikenai biaya Rp 2.500.

Kemudian, biaya tarik tunai dikenai Rp 5.000 dan transfer antarbank di ATM Link ditarik biaya Rp 4.000. Namun, setelah ada keputusan pembatalan ini, maka tarik tunai maupun cek saldo di jaringan bank himbara tetaplah gratis.

Himbara terdiri dari PT BRI (Persero) Tbk, PT BNI (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT BTN (Persero) Tbk. []

Berita terkait
Bank Indonesia: Utang Luar Negeri RI Tumbuh Melambat
Bank Indonesia menyatakan utang luar negeri Indonesia periode April 2021 tumbuh melambat. tercatat sebesar 206,0 miliar dolar AS.
Opini: Erick Thohir dan BUMN Leadership Management Institute
BUMN Leadership and Management Institute gagasan Erick Thohir, lembaga pendidikan kawah candradimuka persiapkan insan BUMN dengan 3 sikap unggul.
Polisi Tangkap Dua WNA Turki Pelaku Skimming Mesin ATM
Polda Bali berhasil meringkus dua orang warga negara asing (WNA) asal Turki berinisial AEM dan EK terkait perkara dugaan tindak pidana skimming.
0
Bank BUMN Batalkan Tarif Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso mengatakan keputusan tersebut dibatalkan. Cak Saldo dan tarik tunai tetap gratis.