Waskita Karya
Untuk Indonesia

Opini: Erick Thohir dan BUMN Leadership Management Institute

BUMN Leadership and Management Institute gagasan Erick Thohir, lembaga pendidikan kawah candradimuka persiapkan insan BUMN dengan 3 sikap unggul.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Tagar/RRI)

Oleh: Irma Suryani Chaniago*


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah mendeklarasikan 'BUMN Leadership and Management Institute'. Sebuah lembaga pendidikan yang digagas Menteri Erick Thohir sebagai kawah candradimuka dalam rangka mempersiapkan BUMN menuju Institusi negara yang bertanggung jawab terhadap keutuhan NKRI melalui akhlak: profesionalitas, integritas, dan kebangsaan.

Menteri Erick Thohir menegaskan bahwa tiga sikap BUMN ini akan menjadi salah satu program utama para direksi dan komisaris BUMN untuk menjadikan perusahaan pelat merah ini sebagai benteng pertahanan hajat hidup rakyat, pembangunan dan wawasan kebangsaan di bawah NKRI.


Insan BUMN wajib berakhlak profesional, berintegritas, dan memiliki wawasan kebangsaan yang jelas.


Erick Thohir ingin ke depan BUMN tidak lagi bergantung pada APBN. Meskipun dasar pemikiran konstitusinya BUMN atau pemerintah tidak boleh berbisnis dengan rakyat, namun bukan berarti BUMN boleh atau wajar MERUGI. Untuk itulah Pak menteri yang mendapat julukan Energi Positif MAN Indonesia ini menempatkan Insan BUMN wajib berakhlak profesional, berintegritas, dan memiliki wawasan kebangsaan yang jelas.

Energi positif yang dibawa Erick dalam mengelola BUMN terbukti step by step mampu membawa perubahan mendasar, baik terhadap mekanisme penempatan direksi maupun komisaris melalui tingkat kehadiran komisaris dalam setiap rapat dan wajib dilaporkan kepada kementerian, begitupula KPI direksi yang dilakukan oleh komisaris untuk kemudian disampaikan kepada kementerian agar kinerja BOD maupun BOC terukur dan dapat diukur.

Selain itu, dalam rangka melakukan efisiensi dan meningkatkan keuntungan BUMN, Erick Thohir juga memangkas BUMN dari 143 menjadi tinggal 41. Tujuannya agar BUMN yang merugi dapat diminimalisir dan disehatkan, yang untung dapat ditingkatkan.

Memang tidak gampang melakukan perubahan mendasar seperti yang dilakukan beliau, banyak tantangan dan perlu keberanian mengambil risiko. Tindakan ini perlu didukung dan diacungi jempol. Jika tidak sekarang, kapan lagi menjadikan BUMN profesional, berintegritas dan menjadi garda terdepan dalam merawat keindonesiaan melalui pemahaman kebangsaan. Bravo Erick Thohir.

*Politisi Partai NasDem


Baca juga: Staf Menteri BUMN Sebut Sejumlah Capaian Restrukturisasi





Berita terkait
Menteri BUMN: Direksi dan Komisaris Harus Siap Diberhentikan
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa direksi dan komisaris di BUMN harus siap untuk diberhentikan jika kinerjanya tidak sesuai dengan KPI.
Menteri BUMN Bentuk BLMI Dorong Transformasi Perusahaan
Menteri BUMN Erick Thohir membentuk BLMI bertujuan mendorong transformasi perusahaan-perusahaan negara menjadi lebih akuntabel dan profesional.
BUMN RI dan China Teken Kerja Sama Terkait Pembangunan
BUMN konstruksi, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan China melakukan kerja sama terkait pembangunan infrastruktur strategis di Indonesia.
0
Opini: Erick Thohir dan BUMN Leadership Management Institute
BUMN Leadership and Management Institute gagasan Erick Thohir, lembaga pendidikan kawah candradimuka persiapkan insan BUMN dengan 3 sikap unggul.