UNTUK INDONESIA
Banjir Protes, Berikut Sinopsis Drakor Backstreet Rookie
Drakor Backstreet Rookie dikabarkan menerima sanksi KCSC lantaran menanyangkan adegan seks, merokok, hingga suara mengerang. Ini Sinopsisnya.
Poster drama Korea Backstreet Rookie. (Foto: IMDb.com)

Jakarta - Drama Korea alias drakor Backstreet Rookie dikabarkan menerima sanksi dari Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC) lantaran menayangkan adegan seks, merokok, hingga suara mengerang dan dinilai tidak layak tayang. Lantas, seperti apa sinopsis drama tersebut?

Melansir dari laman Koreandramanews, KCSC dilaporkan mengadakan pertemuan subkomite pada Rabu, 29 Juli 2020, untuk memutuskan pengajuan sanksi hukum sebagai peringatan terhadap drama Backstreet Rookie.

Gadis sekolah menengah mencium seorang pria dewasa, pelacuran di motel, dialog provokatif langsung dari webtoon dan bahkan suara mengerang.

Subkomite membeberkan alasan pihaknya memberikan peringatan berat terhadap penayangan tontonan ini, karena banyak pemirsa yang menjadi tidak nyaman lantaran keberadaan adegan menjijikan dalam drakor tersebut.

Baca juga: Sinopsis Lengkap Drakor It's Okay to Not Be Okay

"Dalam proses memproduksi webtoon dewasa sebagai drama yang diberi peringkat 'PG-15', tim produksi menunjukkan kurangnya sensitivitas gender sejauh itu menyebabkan ketidaknyamanan dan jijik bagi penonton," kata seorang sumber dari pihak KCSC dikutip Tagar, pada Jumat, 31 Juli 2020.

Drakor Backstreet RookieSalah satu adegan romantis dalam drakor Backstreet Rookie. (Foto: Instagram/backstreetrookie.official)

Selain itu, penonton juga mengeluhkan tontonan ini tidak pantas disaksikan bersama keluarga. Seperti yang dibicarakan pihak pemroduksi drama ini sebelumnya.

"Drama keluarga yang jauh berbeda dari webtoon asli. Namun, drama ini dinilai PG-15 karena adegan-adegan seperti seorang gadis sekolah menengah mencium seorang pria dewasa, pelacuran di motel, dialog provokatif langsung dari webtoon dan bahkan suara mengerang," ujar seorang netter Korea Selatan.

Tak hanya itu, hal ini berakibat juga pada papan buletin penonton yang dibanjiri komentar-komentar miring terkait drama tersebut. Paling banyak di antara netter itu meminta KCSC untuk menghentikan tayangan yang dibintangi Ci Jhang Wook itu.

Dengan begitu, KCSC menilai bahwa "Backstreet Rookie" melanggar peraturan tentang 'menjaga integritas' dan 'bahasa yang layak untuk disiarkan', serta adegan-adegan yang menjadi masalah adalah ketika seorang siswa sekolah menengah mencium seorang pria dewasa.

Baca juga: Kim Jong Un Eksekusi Mati Warga Korut Nonton Drakor

Ada pula ditampilkan pria yang sedang mandi hanya mengenakan handuk dan adegan mengerang yang dinilai membangkitkan gairah para penonton.

Sebelumnya, tim peninjau SBS mengajukan persetujuan penyiaran bersyarat dalam tinjauan pendahuluan bahwa drama dapat disiarkan dengan syarat adegan provokatif dihapus. Namun, tim produksi tidak menerimanya. KCSC menyatakan, sanksi hukum tidak terhindarkan karena kata-kata umpatan yang berulang.

Drama Backstreet Rookie sendiri diangkat dari genre komedi romantis mengisahkan hubungan Jung Saet Byeol (Kim Yoo Jung) dan Choi Dae Hyun ( Ji Chang Wook).

Kisah cinta mereka dimulai dari pertemuan saat duduk di bangku sekolah. Awalnya, Jung Saet Byeol meminta bantuan Choi Dae Hyun untuk membelikannya rokok.

Posisi disuruh-suruh tak selamanya dialami Choi Dae Hyun, hingga nasibnya kemudian berubah setelah 33 tahun lamanya ia sudah menjadi pemilik toko serba ada.

Sementara Jung Saet Byeol tengah mencari pekerjaan paruh waktu. Singkat cerita perempuan tersebut pun diterima bekerja di toko teman sekelasnya itu. Lantas, bagaimana akhir hubungan keduanya?

Drama ini perdana tayang sejak Jumat, 12 Juni 2020, dan masih bisa disaksikan di siaran TV SBS sebanyak 16 episode sekali tayang memakan waktu satu jam. []

Berita terkait
5 Judul Drakor Tayang Juli 2020
Berikut Tagar rangkumkan 5 judul drama Korea yang dijadwalkan tayang pada Juli 2020.
Masa Lalu Bintang Drakor Seo Ye Ji Jadi Sorotan
Masa lalu Seo Ye Ji menjadi sorotan setelah penampilan apiknya dalam drama korea berjudul Its Okay to Not Be Okay.
Aktor Kim Soo Hyun Jadi Idola Baru Pecinta Drakor
Kim Soo Hyun menjadi kian populer di kalangan pecinta drama Korea (drakor) Indonesia setelah tampil dalam serial berjudul It’s Okay to Not Be Okay.
0
Banjir Protes, Berikut Sinopsis Drakor Backstreet Rookie
Drakor Backstreet Rookie dikabarkan menerima sanksi KCSC lantaran menanyangkan adegan seks, merokok, hingga suara mengerang. Ini Sinopsisnya.