UNTUK INDONESIA
Banjir Jakarta, Info Terkini Kereta Api ke Semarang
Banjir di Jakarta menyebabkan sejumlah perjalanan kereta api ke Semarang dan daerah lain mengalami gangguan. Apa saja?
Sampai siang ini, banjir yang menggenangi Jakarta berimbas pada sembilan perjalanan kereta api menuju sejumlah wilayah di Jawa. Tiga perjalanan di antaranya menuju wilayah Daop 4 Semarang. (Foto: KAI Daop 4 Semarang)

Semarang - Banjir yang menggenangi sebagian wilayah Jakarta berimbas pada perjalanan kereta api (KA) yang melintasi wilayah Daerah Operasi (Daop) Semarang, Jawa Tengah. Terkini, ada tiga perjalanan kereta yang melintasi Jawa Tengah terganggu perjalanannya.

"Ini informasi yang kami terima dari Daop 1 Jakarta pada hari ini per jam 11.00 WIB. Ada tiga kereta api dari Jakarta yang melintasi wilayah Daop 4 Semarang mengalami gangguan perjalanan karena banjir," tutur Manager Humas Daop 4 Semarang Krisbiyanto kepada Tagar, Rabu, 26 Februari 2020.

Ada tiga kereta api dari Jakarta yang melintasi wilayah Daop 4 Semarang mengalami gangguan perjalanan karena banjir.

Krisbiyanto menuturkan tiga kereta tersebut adalah Argo Bromo Anggrek tujuan Pasar Turi Surabaya, KA Argo Muria tujuan Tawang Semarang dan KA Argo Cheribon tujuan Tegal. Malah KA Argo Anggrek hingga siang tadi belum bisa diberangkatkan dari Stasiun Gambir Jakarta. Sementara untuk KA Argo Muria dan KA Argo Cheribon lebih lama tiba di tujuan dari jadwal semestinya. Dua KA itu masing-masing terlambat 155 menit dan 140 menit.

"Khusus KA Argo Bromo Anggrek memang rutenya Jakarta-Surabaya. Namun karena melintasi wilayah Daop 4 Semarang juga berimbas ke penumpang yang hendak menuju Jawa Tengah, termasuk Semarang," ujar dia.

Dari data yang diterima Daop 1 Jakarta, hingga siang ini banjir masih menggenangi emplasemen Kampung Bandan. "Berimbas track circuit merah sehingga pelayanan perjalanan KA menggunakan sinyal darurat," ujar dia. Air juga masih menggenangi jalur hulu maupun hilir Jakarta Kota-Tanjuk Priok dengan ketinggian 2-7 Cm hingga belom bisa dilalui oleh kereta.

"Sedangkan di emplasemen DAO belakang atau di depo kereta Jakarta Kota, genangannya masih 10-17 Cm, berimbas pada loko dinas tidak bisa manufer maupun langsir. Istilahnya loko yang hendak digunakan untuk menarik rangkaian kereta terjebak, tak bisa keluar dari depo itu," kata dia.

Krisbiyanto menambahkan secara keseluruhan banjir di Jakarta hingga siang ini menyebabkan gangguan pada sembilan perjalanan kereta yang menuju wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. "Rata-rata mengalami keterlambatan ke tempat tujuan, meski per jam 11.00 tadi ada yang belum bisa berangkat. Yakni, KA Argo Bromo Anggrek dan KA Taksaka menuju Yogyakarta," sebutnya.

Sementara untuk perjalanan KA yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 4 Semarang menuju Jakarta, Krisbiyanto memastikan tidak ada kendala. "Perjalanan ke Jakarta semuanya normal. Hanya yang menuju ke sini saja yang mengalami gangguan," tutur dia.

Berikut gangguan perjalanan kereta api yang disebabkan banjir di Jakarta, Rabu, 25 Februari 2020 per pukul 11.00 WIB:

  1. KA 36 Argo Parahyangan, terlambat 50 menit.
  2. KA 38 Argo Parahyangan, terlambat 100 menit.
  3. KA Argo 28 Cheribon, terlambat 130 menit.
  4. KA Argo Muria Semarang Tawang, terlambat 155 menit.
  5. KA 34 Argo Cheribon, terlambat 140 menit.
  6. KA Argo Parahyangan, terlambat 193 menit.
  7. KA Argo Dwipangga, terlambat 180 menit.
  8. KA Argo Bromo Anggrek, belum berangkat.
  9. KA Taksaka, belum berangkat. []

Baca juga: 

Berita terkait
Usai Banjir Jakarta, 1.096 Gardu PLN Kembali Normal
Sebanyak 1.096 dari 1.157 gardu listrik wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya kembali beroperasi dengan normal.
Daftar Nama Jalan yang Masih Banjir Hari Ini
Pada hari ini, Rabu, 26 Februari 2020, masih ada sejumlah jalan yang terendam banjir walaupun sebagian sudah ada yang surut.
Banjir Jakarta Sebabkan 3.565 Jiwa Mengungsi
Banjir di Jakarta akibat hujan yang mengguyur sejak Senin malam, 24 Februari 2020-25 Februari 2020, menyebabkan 3.565 jiwa mengungsi.
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.