UNTUK INDONESIA
Banjir Jakarta, Dinding Terowongan Tol Cawang Ambruk
Dinding saluran di underpass (terowongan) Tol Cawang, Jakarta Timur ambruk akibat terendam banjir pada Minggu, 23 Februari 2020.
Ilustrasi underpass (terowongan) jalan raya. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Dinding saluran di underpass (terowongan) Tol Cawang, Jakarta Timur ambruk akibat terendam banjir pada Minggu, 23 Februari 2020. Banjir kembali menerjaang setelah curah hujan tinggi melanda Ibu Kota sejak Sabtu malam, 22 Februari 2020.

Operator Jalan Tol Wiyoto Wiyono menyebutkan terowongan Cawang sempat ditutup karena adanya genangan air yang cukup tinggi di wilayah itu akibat hujan deras.

"Akibat dinding saluran roboh dan menutup lobang utama pompa," kata Corporate Secretary PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk, Indah Dahlia Lavie, dilansir dari Antara, Minggu, 23 Februari 2020.

Hingga pukul 09.00 WIB lima unit pompa sudah berfungsi normal dan jalur telah dibuka kembali untuk dilalui oleh kendaraan

Efek dari banjir yang menyebabkan dinding terowongan Tol Cawang ambrol jalan menuju Tanjung Priok sekitar pukul 04.30 WIB ditutup. Dahlia mengatakan upaya itu dilakukan demi keamanan pengguna jalan.

Curah hujan tinggi sejak dini hari tadi menyebabkan terjadinya genangan di badan Jalan Underpass Tol Cawang sekitar 1 meter. Air muncul dari sela dinding terowongan yang jebol sehingga pengaliran pompa terhambat.

"Hingga pukul 09.00 WIB lima unit pompa sudah berfungsi normal dan jalur telah dibuka kembali untuk dilalui oleh kendaraan," katanya.

Petugas telah membersihkan sisa-sisa tanah dari permukaan jalan dan senantiasa memantau kondisi cuaca untuk langkah antisipasi yang diperlukan.

"CMNP memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini," tutur dia.

Banjir juga dilaporkan merendam Jalan Arteri Kayu Putih, Jakarta Timur. Akibatnya sejumlah pengendara sepeda motor menembus Jalan Tol Cempaka Putih pada Minggu siang, 23 Februari 2020.

Pengendara motor tersebut melalui Jalan Tol Cempaka Putih-Tanjung Priok lantaran Jalan Arteri Kayu Putih terendam banjir kurang lebih 60 sentimeter

Banjir juga dilaporkan merendam hingga ke Jalan Perintis Kemerdekaan depan RS Medirosa sedalam 40 sentimeter. Selain merendam badan jalan, air hujan juga merendam permukiman penduduk di sekitarnya dengan kedalaman 1 meter. []

Berita terkait
Jakarta Banjir Lagi, Pemotor Boleh Lewat Jalan Tol?
Curah hujan tinggi di Jakarta membuat pemotor kebingungan apakah boleh melewati jalan tol di Ibu Kota.
Jokowi Perintahkan Anies Selesaikan Sodetan Ciliwung
Presiden Jokowi memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera menyelesaikan sodetan Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT).
Sekjen Kemendagri Sentil Banjir Jakarta Buat Anies?
Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo menyentil Pemprov DKI soal Semarang tidak banjir, Jakarta terendam.
0
Viral Hewan Mati Mendadak di Bekasi Bukan Hoaks
Polisi membenarkan video viral hewan mati di Cibarusah, Bekasi, benar terjadi dan bukan hoaks.