UNTUK INDONESIA
Bangunan di Makassar yang Terkenal Angker
Makassar selain dikenal sebagai kota wisata dan kuliner, juga dikenal sebagai kota yang menyimpan berbagai tempat yang angker
Suasana di Pantai Losari. (Foto: Ist)

Makassar – Makassar selain dikenal sebagai kota wisata dan kuliner, juga dikenal sebagai kota yang menyimpan berbagai tempat-tempat yang angker. Tempat-tempat angker ini didominasi bekas bangunan pada saat zaman peperangan dahulu.

Tempat-tempat yang angker di Makassar sendiri letaknya beberapa ada di tengah kota. Demikian meski terbilang angker namun beberapa tempat ini justeru menjadi tempat wisata dan gedung perkantoran.

Benteng Rotterdam

Tempat ini letaknya tidak jauh dari anjungan Pantai Losari, mungkin jika berjalan kaki hanya ditempuh kurang lebih lima menit. Benteng Rotterdam sudah ada sejak tahun 1545, dimana benteng ini didirikan oleh Raja dari Kerjaan Gowa-Tallo ke IX Sultan Daeng Bonto Karaeng.

Benteng ini dahulu merupakan saksi perjuangan dari masyarakat Makassar dalam menghadapi serangan-serangan dari penjajah. Karena itulah, ditempat ini dahulu banyak tentara VOC Belanda yang mati setelah berperang dengan masyarakat Makassar.

Benteng Fort RotterdamBenteng Fort Rotterdam. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Dari beberapa pengunjung bahkan mengaku pernah melihat penampakan tentara dengan dada berlumuran darah di sekitar bangunan benteng.

Selain cerita horror soal tentara Belanda, benteng yang juga terkenal dengan sebutan Benteng Panyyua juga ada kisah horror penampakan wanita yang dikenal dengan sebutan sumiati.

Oleh sejumlah masyarakat, Sumiati konon sering gentayangan sebab pada masa lampau dahulu, Ia mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di Rotterdam, yang akhirnya menjadi kuntilanak.

“Kata beberapa orang, di Benteng Roterdamm memang sering ada penampakan. Tapi saya sendiri belum pernah melihatnya secara langsung,” ujar Kahfi, salah seorang warga Makassar, Sabtu 7 September 2019.

Kini, bangunan ini ramai digunakan untuk berbagai kegiatan, dari event buku Internasional, konser musik, wisata pendidikan, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Gedung Perkantoran RRI

Kantor Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar berada tepat di belakang Benteng Rotterdam, sampai saat ini juga gedung perkantoran ini masih aktif digunakan.

Dahulu, gedung kantor RRI ini didirikan oleh tentara Jepang ketika pertama kali mengambil alih kota Makassar. Di gedung ini dari penuturan beberapa warga mengatakan ada cukup banyak kisah angker yang beredar di tengah masyarakat.

RRI MakassarGedung RRI Makassar. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Salah satu diantaranya adalah warga dan pekerja di tempat ini sering kali melihat penampakan yang konon katanya sebagai penghuni gedung RRI Makassar. Sosok itu ialah seorang kakek dan anak-anak yang suaranya sering terdengar dari salah satu ruangan.

“Ada juga kisah dari pekerja lainnya. Menurut ceritanya ketika Ia sedang disuruh untuk menggandakan kertas menggunakan foto copy, bukan hasil copyan yang keluar, akan tetapi gambar tengkorak,” ujar Kahfi.

Monumen Korban 40.000 Jiwa

Letak monumen ini berada di  Jalan Langgau, Kelurahan Timungan Lompoa, Kecamatan Bontola, berjarak sekitar 4 kilometer dari pantai Losari, Makassar. Bangunan ini tepat berada di sekitar pemukiman padat penduduk. Monumen ini dibangun untuk mengenang para korban yang dibantai oleh Kapten Raymond Paul Piere Westerling bersama pasukannya pada tahun 1947.

Sebanyak 40.000 jiwa meninggal di tempat ini, korban-korban kekejaman Kapten Raymond Paul berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Korban 40.000 JiwaMonumen Korban 40.000 jiwa. (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Itulah sebabnya setiap tanggal 11 Desember masyarakat Sulsel dan Sulbar menaikkan bendera merah putih setengah tiang untuk memperingati persitiwa tersebut.

Dari kalangan masyarakat yang tinggal disekitar Monumen, beberapa masyarakat mengakui sering kalo mencium bau bangkai dan darah segar ketika berada di tempat ini.

Ada juga penampakan sosok suster ngesot yang kerap kali menampakkan wujudnya. Warga berpendapat korban-korban pembunuhan itu belum bisa menerima kematian mereka.

Museum Kota Makassar

Museum ini berisikan sejarah awal terbentuknya Kota Makassar, mulai dari sempat berganti nama Ujung Pandang, hingga nama-nama mantan walikota Makassar dapat di temui di sini. Bangunan museum kota Makassar ini pada zaman lampau merupakan kantor Walikota Makassar dan merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda.

Menurut cerita yang beredar, pengunjung di museum kota Makassar ini pernah melihat penampakan seorang kakek yang berjalan sendiri lalu kemudian menghilan secara tiba-tiba.

Museum Kota MakassarMuseum Kota Makassar. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

“Langkah kakek iti biasanya juga di ikuti dengan suara anak kecil yang bermain sambil tertawa,” kata Iksan salah seorang warga.

Memang jika dilihat dari luar, gedung ini tampak tua dan kuno sehingga banyak juga yang merinding bila menuju kesana.

Rumah Sakit Umum Labuang Baji

Rumah sakit yang terletak di Jl. Dr. SAM Ratulangi ini sudah berdiri sejak tahun 1938 dan merupakan rumah sakit milik pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. Rumah sakit ini meski telah dilakukan renovasi, namun masih saja ada cerita-cerita mistis yang beredar di tengah masyarakat.

RS Labuang BajiRumah Sakit Labuang Baji. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Menurut masyarakat yang tinggal di dekat rumah sakit, makhluk gaib yang sering menampakkan dirinya di rumah sakit ini yaitu sosok pocong, mitos yang beredar sosok pocong ini adalah arwah seorang gadis yang meninggal secara tidak wajar di rumah sakit tersebut.

Kamar yang terkenal angker di rumah sakit ini yaitu kamar 2 VIP A UGD RS Labuang Baji yang merupakan kamar di mana gadis tersebut meninggal. 

Lapangan Karebosi

Bukan hal yang asing bagi masyarakat Makassar jika mendengar cerita seram yang terjadi di Lapangan Karebosi. Konon, di Lapangan Karebosi ini sering terlihat penampakan hantu berkuda dan mahluk tak kasat mata lainnya.

Tidak hanya itu, dipinggir Lapangan Karebosi juga terdapat tujuh makam kuno yang dikeramatkan oleh masyarakat Makassar. Kuburan ini menurut cerita muncul secara tiba-tiba sejak 10 abad yang lalu, misteri tersembunyi dibalik tujuh kuburan ini kemudian melengkapi kisah mistis Lapangan Karebosi sebagai tempat angker di Makassar.

KarebosiLapangan Karebosi. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Terdapat kepercayaan yang mengatakan bahwa saat Magrib tiba, seluruh kegiatan di tempat angker itu harus dihentikan. Serta larangan berkegiatan disana pada malam Jumat dan malam Senin. Dan yang tak ketinggalan, menggunjingkan Tujuh Karebosi adalah hal yang tabu untuk dilakukan.

Itu hanya beberapa tempat yang dianggap angker oleh masyarakat di Kota Makassar. Selain itu masih ada banyak lagi cerita-cerita mistis di Kota Makasaar. Penasaran ingin membuktikannya?, silahkan datang ke Makassar. []

Baca juga:

Berita terkait
Polisi Tembak Pembobol Rumah di Makassar
Tim Jatanras Polrestabes Makassar berhasil menangkap komplotan pelaku tindak pidana pencurian yang biasa membobol rumah kosong di Makassar
Spesialis Pencuri di Rumah Sakit Makassar Ditangkap
Seorang wanita tomboy ditangkap polisi di Makassar karena sering melakukan pencurian di berbagai kantor dan rumah sakit di kota Makassar
Pasar Karuwisi Makassar Terbakar, 11 Rumah Hangus
Kebakaran hebat menimpa pasar tradisional Karuwisi Makassar, menyebabkan 11 rumah hangus terbakar.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.