Bamsoet ke Kemenkes - Satgas Covid Soal 1.347 Klaster Baru

Bambang Soesatyo sentil Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) perihal adanya 1.347 klaster baru Covid-19.
Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet. (Foto: Tagar/Instagram @bambangsoesatyo)

Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo sentil Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) perihal adanya 1.347 kelompok atau klaster penyebaran Covid-19 hingga akhir pekan lalu.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini meminta Kemenkes dan Satgas Covid-19 melakukan pemetaan terhadap penemuan klaster baru tersebut.

Terus memasifkan uji spesimen dibarengi upaya penegakan protokol pencegahan Covid-19 di masyarakat dengan tetap menggunakan cara yang humanis dan persuasif

"Melakukan upaya-upaya yang dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di setiap kluster, sekaligus mencegah meluasnya kluster dengan mengoptimalkan 3T (tracing, testing dan treatment) yang dapat menekan angka kasus baru Covid-19," kata dia melalui pernyataan yang diterima Tagar, Selasa, 27 Oktober 2020.

Selain itu, Bamsoet juga minta pemerintah, baik pusat maupun daerah terus berupaya keras dalam mengendalikan dan menangani setiap kasus Covid-19 di Indonesia hingga zero case.

"Terus memasifkan uji spesimen dibarengi upaya penegakan protokol pencegahan Covid-19 di masyarakat dengan tetap menggunakan cara yang humanis dan persuasif," ujarnya.

Kemudian, ia juga mengimbau Kemenkes untuk segera menginfokan kepada masyarakat terkait 1.347 kluster Covid-19 yang ditemukan.

"Sehingga masyarakat dapat mengantisipasi dengan melakukan upaya-upaya preventif dan waspada serta menghindari kluster-kluster tersebut," kata dia.

Politisi Partai Golkar ini juga mendorong pemerintah untuk terus optimis dan yakin bahwa setiap kebijakan yang diambil akan berpengaruh terhadap perlambatan laju kasus baru Covid-19.

"Karenanya, pemerintah harus mengambil ataupun membuat kebijakan yang tepat, agar efektif dalam menurunkan angka kasus baru hingga memutus rantai penyebaran Covid-19," ucap Bamsoet. []

Berita terkait
Pengamat ke Satgas Covid-19: Tak Perlu Bicara Angka lah!
Pengamat politik Nasional Adib Miftahul sentil tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, yang dipimpin Doni Monardo selaku Ketua.
Pengamat: Satgas Covid-19 Pusat Jangan Hanya Jadi Supervisi
Adib Miftahul menyinggung kinerja tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang dikomandoi oleh Doni Monardo.
Setop Liga Sepakbola, Satgas Juga Minta Warga Tak Keluar Rumah
Selain setop liga sepakbola tahun 2020, Satgas Covid-19 juga meminta supaya masyarakat tak keluar rumah dan berkerumunan.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.